Show simple item record

dc.contributor.authorMustika Setianingrum
dc.date.accessioned2013-12-27T07:01:23Z
dc.date.available2013-12-27T07:01:23Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210103014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13472
dc.description.abstractPenelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X.A dan X.C MAN 2 Jember. Kelas X.A adalah kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran aktif card sort dengan kombinasi teknik mind mapping sedangkan kelas X.C adalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Adapun parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang diamati dalam kegiatan pembelajaran antara lain: (1) keaktifan dalam memperhatikan penjelasan guru; (2) keaktifan dalam diskusi; (3) keaktifan dalam mengerjakan tugas (LKS); (4) keaktifan bertanya atau menyampaikan ide/pendapat; (5) keaktifan menjawab atau menanggapi pendapat teman, sedangkan hasil belajar diwujudkan dalam bentuk nilai pre-test, post-test dan nilai LKS. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarian (Anakova) untuk menguji hasil belajar, sedangkan analisis yang digunakan untuk menguji aktivitas belajar siswa adalah uji t (independent sample t test) Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan di kelas eksperimen (X.A). Secara klasikal, keaktifan siswa kelas eksperimen memiliki rerata selisih yang lebih tinggi (76,05) dibandingkan dengan rerata selisih kelas kontrol (64,38). Hasil analisis menggunakan uji t (independent sample t test) menunjukkan nilai probabilitas P < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan perlakuan yang signifikan terhadap nilai keaktifan siswa. Aspek kognitif berupa nilai pre-test, post-test dan nilai LKS. Rerata selisih nilai pre-test dan post-test serta nilai LKS antara siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rerata selisih siswa kelas kontrol. Selanjutnya, hasil analisis terhadap nilai pre-test, post-test dan nilai LKS menunjukkan nilai signifikansi P < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran aktif card sort dengan kombinasi teknik mind mapping terhadap aspek kognitif.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan STM dengan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas siswa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan aktivitas siswa kelas kontrol.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103014;
dc.subjectAktif Card Sort, Teknik Mind Mapping, Hasil Belajar Biologien_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT DENGAN KOMBINASI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record