Show simple item record

dc.contributor.authorKUNTARI DWI MEITIKO SARI
dc.date.accessioned2013-12-27T06:40:32Z
dc.date.available2013-12-27T06:40:32Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210204201
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13455
dc.description.abstractFakta yang diperoleh dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran Sains yang diajarkan di SD Negeri Jember Lor 06 khususnya di kelas VI masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penggunaan buku cetak serta penugasan saja sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran terlihat pada sikap ilmiah dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Sikap ilmiah siswa dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala sikap yakni skala likert. Namun dalam pelaksanaannya harus disesuaikan dengan karakteristik siswa di sekolah dasar sehingga hanya terdapat tiga pernyataan yakni setuju, ragu-ragu dan tidak setuju. Dengan pembelajaran sains menggunakan metode eksperimen siswa dapat melakukan, mengamati serta menyimpulkan sendiri dari jawaban atas pertanyaan yang disampaikan guru, sehingga siswa dapat memberikan jawaban yang obyektif tanpa ada unsur subyektifitas. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan sikap ilmiah yang dimiliki siswa dengan penerapan pembelajaran menggunakan metode eksperimen; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN Jember Lor 06 dalam pembelajaran sains dengan penerapan metode ekperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 06 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus. Pada 2 siklus yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: sikap ilmiah siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa, berturut- turut menggunakan rumus: %100xN ASi = dan %100xN nE = . Dari analisis data hasil penelitian untuk sikap ilmiah siswa diperoleh persentase peningkatan sikap ilmiah siswa klasikal dari rata-rata siklus I dan siklus II, secara berurutan yaitu obyektif, kritis, tidak mudah putus asa, terbuka, kreatif. Dari data analisis hasil belajar diperoleh persentase hasil belajar siswa yaitu terdiri dari prasiklus sebesar 40% dengan 18 siswa belum tuntas, termasuk dalam ketegori belum tuntas secara klasikal; siklus I sebesar 66,7% dengan 10 siswa belum tuntas, presentase tersebut dalam kategori tuntas secara klasikal; dan siklus II sebesar 86,7% dengan 4 siswa belum tuntas, presentase tersebut dalam kategori sangat tuntas secara klasikal. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Sikap ilmiah siswa selama pembelajaran sains menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori sikap ilmiah siswa yang baik; (2) Pembelajaran sains menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Jember Lor 06 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204201;
dc.subjectMETODE EKSPERIMENen_US
dc.titlePENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI POKOK BAHASAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR SEKOLAH DASAR NEGERI JEMBER LOR 06 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record