| dc.description.abstract | Ketidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang 
dimengerti karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang 
bicara sendiri dengan teman sebangku daripada mendengar ceramah dari  guru, siswa 
merasa mengantuk saat pemberian materi berlangsung. Menurut hasil wawancara dengan 
siswa kelas IV, siswa mendapatkan pembelajaran IPS dari ceramah guru di kelas dan 
tidak pernah melakukan praktik secara langsung,  sehingga siswa merasa bosan dalam 
menerima materi pelajaran karena metode ceramah dianggap monoton dan tidak 
menarik. Kondisi ini mengakibatkan aktivitas belajar siswa rendah.  Jika siswa diberi 
soal-soal latihan mereka tidak bisa menjawab, yang bisa mereka jawab hanya soal-soal 
yang sama persis dengan yang dicontohkan oleh guru. Guru dan peneliti menduga model 
pembelajaran yang digunakan selama ini belum efektif. Hal inilah yang menyebabkan 
rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa khususnya siswa kelas IV pada pokok 
bahasan sumber  daya alam dan kegiatan ekonomi. Oleh karena itu guru harus 
membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model 
pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. 
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan 
(1)Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa 
kelas  IV SDN Kencong 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011  pada pokok bahasan 
Sumber daya alam setelah menerapkan pembelajaran kooperatif  mode l  examples non 
examples  dengan bantuan media gambar ?, (2)Bagaimanakah peningkatan hasil belajar 
siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kencong 01 Jember Tahun Pelajaran 
2010/2011  pada pokok bahasan Sumber daya alam setelah menerapkan pembelajaran 
kooperatif model examples non examples dengan bantuan media gambar Penerapan model  examples non examples  dengan bantuan media gambar 
diharapkan  siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar tentang sumber daya alam dan 
kegiatan ekonomi, siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar, dan 
siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Tujuan dari penelitian ini 
adalah: (1)  Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS  melalui 
penerapan  mode l  examples non examples  dengan  bantuan media gambar  di kelas  IV 
SDN  Kencong 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011  (2) Untuk meningkatkan hasil 
belajar IPS siswa kelas IV SDN Kencong 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui 
penerapan mode l examples non examples dengan bantuan media gambar. 
 Penelitian ini dilaksanakan di kelas  IV  SDN Kencong 01 Jember  yang terdiri 
dari  35 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya 
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan 
data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.    Pengambilan data dilakukan 
mulai tanggal 2 Oktober 2010 sampai dengan 13 Oktober 2010 dengan subjek penelitian 
siswa kelas  IV SDN Kencong 01 Jember.  Data yang dikumpulkan berupa penilaian 
aktivitas siswa dan tes individu. Pada siklus I  aktivitas siswa  secara klasikal  mencapai 
46%  dan  tes individu mencapai  51,43% serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 
67,64%.  Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mencapai  67,43%,  tes individu 
mencapai  94,29%  serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 78,79% sehingga secara 
klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Kencong 01 Jember.  
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa  mengalami peningkatan aktivitas 
dan hasil belajar pada  pokok bahasan  sumber daya alam.  Peningkatan aktivitas belajar 
siswa dari siklus I ke siklus II sebesar  21,43% sedangkan hasil belajar secara klasikal 
dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 42,86%.  Penerapan  mode l  examples non 
examples  dengan bantuan media gambar  dapat menciptakan suasana belajar yang aktif 
dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan  aktivitas dan  hasil 
belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik sehingga dapat saling membantu 
kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |