Show simple item record

dc.contributor.authorHeni Fatmawati
dc.date.accessioned2013-12-27T06:27:29Z
dc.date.available2013-12-27T06:27:29Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210204200
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13443
dc.description.abstractProses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagai pengajar atau pendidik, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa dan meningkatkan mutu mengajarnya. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan metode yang berfariasi. Dalam penelitian ini, metode kooperatif tipe jigsaw menjadi pilihannya. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat bermacam-macam tipe, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperative tipe jigsaw pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang, bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperative tipe jigsaw pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang, dan bagaimana ketuntasan belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran kooperative tipe jigsaw pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Gembolo Tahun Ajaran 2009/2010? Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Gembolo Tahun Ajaran 2009/2010 dengan 24 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pada penelitian ini siswa dibagi menjadi 4 kelompok dengan jumlah anggota masing-masing kelompok 6 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 13 Maret sampai 19 Juni 2010. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa secara individu, aktivitas siswa secara kelompok, aktivitas guru, dan tes individu. Pada siklus I, aktivitas guru 80%, aktivitas siswa secara individu mencapai 63,54%, aktivitas siswa pada kelompok asal 51%, aktivitas siswa pada kelompok ahli 57,81%. Pada siklus II, aktivitas guru 96,7%, aktivitas siswa secara individu mencapai 79,17%, aktivitas siswa pada kelompok asal 91,66%, aktivitas siswa pada kelompok ahli 89%, dan persentase hasil ulangan harian siswa secara klasikal bahwa terdapat 4 (16,7%) yang tidak lulus dan 20 (83,3%) yang lulus. Analisis data hasil penelitian, pada tes akhir siklus I mencapai 66,6% dan siklus II mencapai 83,3%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Gembolo Tahun Ajaran 2009/2010 mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivias belajar dan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw mampu meningkatnya kedisiplinan siswa, kerapihan kelas, serta semakin tingginya motivasi belajar siswa; meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar secara keseluruhan; tingkat aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II, dan meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Sedangkan saran yang dpat diberikan bahwa pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat dijadikan alternatif guru dalam pembelajaran dengan menyesuaikannya materi yang akan disampaikan kepada siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204200;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAWen_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH GEMBOLO TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record