• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA ANIMASI GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Ajaran 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Dina Kumalawati_1.pdf (87.27Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Dina Kumalawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan media animasi gambar terhadap aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rogojampi, untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan media animasi gambar terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Rogojampi, untuk menguji efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dan media animasi gambar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan kuasi eksperimen pada kelas VIII SMP Negeri 1 Rogojampi. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran tes hasil belajar siswa, aktivitas siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov, uji homogenitas, dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian. Analisis terhadap aktivitas kolaboratif siswa kerja sama dalam kelompok, presentasi hasil diskusi, dan memperhatikan penjelasan guru. Analisis terhadap data aktivitas diperoleh besarnya signifikansi 0,000 (< 0,05). Jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Hasil analisis tersebut menunjukkan penggunaan model pembelajaran PBL dengan media animasi memberikan pengaruh positif dalam meningkatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap niali pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,001 (< 0,05). Hal ini berarti bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Dari hasil uji LSD menunjukkan beda rerata nilai eksperimen dan kelas kontrol berniali positif 2.867. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dan media animasi gambar memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PBL dengan media animasi gambar di SMP Negeri 1 Rogojampi dapat meningkatkan aktivitas kolaboratif dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13432
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15429]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository