Show simple item record

dc.contributor.authorMaya Eka Novitasari
dc.date.accessioned2013-12-27T05:29:42Z
dc.date.available2013-12-27T05:29:42Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210301023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13412
dc.description.abstractBerkembangnya persaingan bisnis dalam dunia pemasaran, mengharuskan para pengusaha melakukan inovasi terhadap produk yang dihasilkan agar perusahaan tetap bisa menarik konsumen dan dapat memenuhi selera atau kebutuhan konsumen. Banyaknya industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo yang memproduksi produk sejenis mendorong perusahaan untuk melakukan diversifikasi produk melalui pengenekaragaman produk, bentuk produk, dan ukuran produk. Selain itu, perusahaan menggunakan jasa distributor agar produknya bisa sampai ke tangan konsumen serta konsumen tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Diversifikasi produk dan penggunaan distributor dimaksudkan untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji adakah pengaruh yang signifikan variabel diversifikasi produk dan distributor terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012 dan 2) mengkaji manakah diantara variabel diversifikasi produk dan distributor yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012. Penelitian ini dilakukan di industri kerajinan kerang Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area yaitu tempat penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penentuan responden penelitian menggunakan metode populasi. Metode pengumpulan data melalui metode angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Angket dalam penelitian ini sebelumnya di uji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, uji t dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) yang dibantu dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa diversifikasi produk dan distributor mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F hitung ≥ F yaitu sebesar 59,369 ≥ 3,17 dengan taraf signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R t abel ) sebesar 0,708 yang berarti bahwa besarnya variabel diversifikasi produk dan distributor sebesar 70,8%, sisanya sebesar 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. square Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa diversifikasi produk dan distributor telah terbukti mempengaruhi volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012. Variabel diversifikasi produk berpengaruh dominan terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301023;
dc.subjectDiversifikasi Produk, Distributor, Volume Penjualanen_US
dc.titlePENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DISTRIBUTOR TERHADAP VOLUME PENJUALAN SOUVENIRen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record