Show simple item record

dc.contributor.authorLIDYA TWI HANDAYANI
dc.date.accessioned2013-12-27T04:53:57Z
dc.date.available2013-12-27T04:53:57Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210301029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13402
dc.description.abstractPermasalahan yang ada di beberapa koperasi sekolah adalah kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pelaksanaan kegiatan koperasi sekolah. Oleh, karena itu untuk mengelola koperasi sekolah dibutuhkan strategi yang tepat agar partisipasi siswa meningkat sehingga koperasi dapat berkembang dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Begitu juga dengan koperasi sekolah SMKN 1 Tanggul (KOSMETA). Kosmeta adalah suatu organisasi sekolah berupa koperasi siswa SMKN 1 Tanggul. Kosmeta berperan cukup penting dalam hal pengadministrasian sekolah. Koperasi SMKN 1 Tanggul (KOSMETA) telah mendapatkan surat izin dari badan hukum dan mempunyai beberapa prestasi setelah mengikuti berbagai lomba dibidang koperasi. Untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam berkoperasi, pengurus koperasi SMKN 1 Tanggul mempunyai beberapa strategi agar koperasi berkembang dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, lokasi yang ditetapkan dalam penelitian ini bertempat di koperasi sekolah SMKN 1 Tanggul. Penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder dan metode yang penulis gunakan dalam memperoleh data adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan bahwa strategi pengurus koperasi yang digunakan untuk meningkatkan partisipasi siswa adalah melakukan penyuluhan bekerja sama dengan OSIS di bawah pembinaan guru dan memberikan motivasi kepada semua anggota untuk ikut serta dalam proses pengambilan keputusan secara bersama, mengikutsertakan siswa secara langsung dalam permodalan koperasi, menyediakan kebutuhan utama para siswa yang menjadi konsumen,dan memberikan kemudahan-kemudahan dan fasilitas untuk koperasi sertamembuat jadwal piket praktek siswa pelaksana harian koperasi. Beberapa strategi tersebut juga didukung dengan adanya kebijakan dari kepala sekolah, penyediaan sumber belajar, serta penyediaan kebutuhan pendukung. Strategi tersebut digunakan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pengambilan keputusan dalam rapat anggota, partisipasi siswa dalam kontribusi modal, partisipasi dalam pemanfaatan layanan koperasi, dan partisipasi dalam pengawasan koperasi. Dengan hasil penelitian sebagaimana diuraikan di atas maka beberapa saran yang disampaikan adalah bagi pengurus koperasi sebaiknya mengetahui tugas masing-masing dan pembagian kerja bisa lebih jelas dan terorganisir, sebaiknya menyusun program-program yang dapat mengikutsertakan semua siswa agar memberi manfaat pengalaman kepada siswa untuk memimpin dan mengendalikan organisasi dan bisnis. Bagi kepala sekolah dan pengurus diharapkan agar lebih memaksimalkan strategi yang sudah ada dan dikembangkan lagi agar siswa lebih tertarik pada koperasi sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301029;
dc.subjectStrategi Pengurus Koperasi, Partisipasi Siswa dan Koperasi Sekolahen_US
dc.titleSTRATEGI PENGURUS KOPERASI SEKOLAH UNTUKMENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM BERKOPERASI DI SMKN 1 TANGGUL TAHUN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record