dc.description.abstract | Pendidikan memegang peranan yang penting untuk menjamin kelangsungan
hidup suatu negara dan bangsa. Hal ini karena pendidikan merupakan wahana untuk
meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Pencapaian
tujuan pendidikan di katakan berhasil apabila dengan salah satu upaya yaitu
memperbaiki proses pembelajaran. Dalam suatu proses pembelajaran harus ada suatu
pembaharuan dan perubahan atau di sebut inovasi. Guru juga harus mampu memilih
strategi yang tepat dan sesuai dengan interest anak, sehingga para siswa akan merasa
lebih senang dan tertantang untuk mempelajarinya (Purnomo, 2003:3). Salah satu
cara yang dapat menimbulkan suasana menyenangkan dapat diberikan melalui
pemainan misalnya pemainan teka-teki, papan bergambar (sejenis ular tangga), kotak
rahasia, dan juga kartu begambar yang dibuat oleh siswa atau oleh guru (Aqib, 2002:
98). Permainan kartu bergambar merupakan salah satu permainan yang dapat
digunakan dalam pembelajaran. Selain menyenangkan, permainan ini juga tidak asing
keberadaannya bagi siswa, materi dalam kartu bergambar ini disajikan dalam bentuk
gambar yang dilengkapi dengan keterangan dari gambar tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran
biologi melalui permainan dengan media kartu kwartet terhadap keaktifan dan hasil
belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 13 kabupaten jember tahun pelajaran
2012/2013. Aktivitas siswa dinilai berdasarkan pengamatan observer kepada siswa
selama proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, hasil yg di peroleh dihitung
dengan menggunakan uji t (Independent Sample T- Test).
vii
vii
Hasil belajar kognitif siswa diukur dengan menggunakan pretest dan posttest.
Hasil yang didapat pertama di uji normalitasnya kemudian selanjutnya digunakan
analisis kovarian (anakova) dengan kemampuan awal siswa sebagai kovariat.
Berdasarkan hasil penilaian aktivitas yg meliputi memperhatikan guru,
keaktifan dalam diskusi, mengerjakan LKS, betanya dan juga menjawab, dipeoleh
hasil yaitu pembelajaran melalui metode pemainan dengan media kartu kwartet
berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13
Jember. Terkait dengan aspek memperhatikan penjelasan guru, pembelajaran melalui
permainan dengan menggunakan media kartu kwatet mampu meningkatkan perhatian
siswa dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih nilai rerata 3,31% yaitu kelas
eksperimen 92,19% dan kelas kontrol 88,88%.
Pada aspek kedua aktivitas dalam berdiskusi selisih erata nilai yaitu 15,18%
yaitu kelas eksperimen 84,37% dan kelas kontrol 69,19%. Pada aspek ketiga
mengerjakan tugas berupa lembar kerja siswa selisih rerata nilai 5,02% yaitu kelas
eksperimen 80,27% dan kelas kontrol 75,25%. Pada aspek selanjutnya aktivitas
bertanya atau menyampaikan pendapat selisih rerata nilai 21,01% yaitu kelas
eksperimen 74,54% dan kelas kontrol 53,53%.
Aspek yang terakhir aktivitas dalam menjawab atau menanggapai pendapat
selisih rerata nilai 11,38% yaitu kelas eksperimen 75,52% dan kelas kontrol 64,14%.
Sedangkan pembelajaran melalui permainan dengan media kartu kwartet juga
berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember
pada materi klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar kognitif dapat dilihat secara
klasikal dari selisih rerata nilai pretest dan posttes antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Kelas eksperimen yaitu 11,6% dan kelas kontrol 9,1%. Dari keduanya selisih
rerata nilai yaitu 2,5%.
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode permainan dengan
media kartu kwartet berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa
kelas VII SMP Negeri 13 Jember. | en_US |