Show simple item record

dc.contributor.authorPutri Darma
dc.date.accessioned2013-12-27T04:01:55Z
dc.date.available2013-12-27T04:01:55Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210103041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13392
dc.description.abstractPendidikan memegang peranan yang penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu negara dan bangsa. Hal ini karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Pencapaian tujuan pendidikan di katakan berhasil apabila dengan salah satu upaya yaitu memperbaiki proses pembelajaran. Dalam suatu proses pembelajaran harus ada suatu pembaharuan dan perubahan atau di sebut inovasi. Guru juga harus mampu memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan interest anak, sehingga para siswa akan merasa lebih senang dan tertantang untuk mempelajarinya (Purnomo, 2003:3). Salah satu cara yang dapat menimbulkan suasana menyenangkan dapat diberikan melalui pemainan misalnya pemainan teka-teki, papan bergambar (sejenis ular tangga), kotak rahasia, dan juga kartu begambar yang dibuat oleh siswa atau oleh guru (Aqib, 2002: 98). Permainan kartu bergambar merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Selain menyenangkan, permainan ini juga tidak asing keberadaannya bagi siswa, materi dalam kartu bergambar ini disajikan dalam bentuk gambar yang dilengkapi dengan keterangan dari gambar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran biologi melalui permainan dengan media kartu kwartet terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 13 kabupaten jember tahun pelajaran 2012/2013. Aktivitas siswa dinilai berdasarkan pengamatan observer kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, hasil yg di peroleh dihitung dengan menggunakan uji t (Independent Sample T- Test). vii vii Hasil belajar kognitif siswa diukur dengan menggunakan pretest dan posttest. Hasil yang didapat pertama di uji normalitasnya kemudian selanjutnya digunakan analisis kovarian (anakova) dengan kemampuan awal siswa sebagai kovariat. Berdasarkan hasil penilaian aktivitas yg meliputi memperhatikan guru, keaktifan dalam diskusi, mengerjakan LKS, betanya dan juga menjawab, dipeoleh hasil yaitu pembelajaran melalui metode pemainan dengan media kartu kwartet berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember. Terkait dengan aspek memperhatikan penjelasan guru, pembelajaran melalui permainan dengan menggunakan media kartu kwatet mampu meningkatkan perhatian siswa dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih nilai rerata 3,31% yaitu kelas eksperimen 92,19% dan kelas kontrol 88,88%. Pada aspek kedua aktivitas dalam berdiskusi selisih erata nilai yaitu 15,18% yaitu kelas eksperimen 84,37% dan kelas kontrol 69,19%. Pada aspek ketiga mengerjakan tugas berupa lembar kerja siswa selisih rerata nilai 5,02% yaitu kelas eksperimen 80,27% dan kelas kontrol 75,25%. Pada aspek selanjutnya aktivitas bertanya atau menyampaikan pendapat selisih rerata nilai 21,01% yaitu kelas eksperimen 74,54% dan kelas kontrol 53,53%. Aspek yang terakhir aktivitas dalam menjawab atau menanggapai pendapat selisih rerata nilai 11,38% yaitu kelas eksperimen 75,52% dan kelas kontrol 64,14%. Sedangkan pembelajaran melalui permainan dengan media kartu kwartet juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember pada materi klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar kognitif dapat dilihat secara klasikal dari selisih rerata nilai pretest dan posttes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu 11,6% dan kelas kontrol 9,1%. Dari keduanya selisih rerata nilai yaitu 2,5%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode permainan dengan media kartu kwartet berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103041;
dc.subjectMetode Permainan dengan Media Kartu Kwarteten_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Biologi Melalui Metode Permainan dengan Media Kartu Kwartet terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record