Show simple item record

dc.contributor.authorM. Wildan Athoillah
dc.date.accessioned2013-12-27T03:48:27Z
dc.date.available2013-12-27T03:48:27Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM090210101062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13380
dc.description.abstractDalam dunia pendidikan, pemilihan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat adalah suatu hal yang harus diperhatikan. Pemilihan pendekatan yang tepat akan memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran. MMP yang secara empiris melalui penelitian dikemas dalam struktur yang hampir sama dengan Strutur Pengajaran Matematika yang lebih mengutamakan pemahaman konsep dan latihan soal. MMP ditekankan pada pembelajaran efektif untuk matematika berpusat pada pengajaran yang meningkatkan keaktifan siswa. Dengan Moodle pembelajaran bisa berjalan lebih efektif karena memanfaatkan waktu ketika siswa berada di rumah. Dengan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dan dirumah diharapkan pemahaman siswa lebih kuat dan waktu luang yang mereka miliki tidak ditujukan untuk kegiatan yang negatif. Oleh karena itu, peneliti berasumsi bahwa model pembelajaran kooperatif tipe MMP ini sangat cocok apabila dikemas secara rapi di web khususnya Moodle. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa, Tes Hasil Belajar (THB) dan E-learning Moodle. Model pengembangan perangkat yang digunakan beracuan pada model 4D. Berdasarkan hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut Draft 2 yang layak untuk diujicobakan. Uji Coba perangkat pembelajaran dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada tanggal 28 Maret hingga 8 April 2013. Hasil uji coba digunakan sebagai viii masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draft 3 (produk). Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, Buku Siswa, THB dan E-learning moodle berturut-turut adalah 0,96; 0,94; 0,90; 0,93 dan 0,92. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti koefisien validitas tinggi atau sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, berturut-turut adalah 89,74%, 92,30%, dan 97,43%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga, berturut-turut adalah 85,11%, 87,5%, dan 91,07% dengan rata-rata tiga pertemuan tersebut adalah 87,89%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 34 siswa diperoleh bahwa ≥80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis validitas 7 butir soal THB terdapat 3 butir soal yang nilai validitasnya cukup dan 4 butir soal yang nilai validitasnya tinggi. Berarti secara keseluruhan alat evaluasi ini dikatakan valid. Dari hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai 0,62 yang berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi berkategori tinggi. Sedangkan dari analisis Tes Hasil Belajar menunjukkan bahwa terdapat 85,3% siswa yang mencapai skor minimal 60. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran matematika model MMP dan berbantuan e-learning ini sudah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang cukup terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika model MMP dan berbantuan e-learning pada pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPS yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMA jurusan IPS untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101062;
dc.subjectModel Missouri Mathematics Projecten_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Missouri Mathematics Project Berbantuan Media Pembelajaran E-learning Moodle Pada Pokok Bahasan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas XI IPS Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record