Show simple item record

dc.contributor.authorMazwin Mukaromah
dc.date.accessioned2013-12-27T03:47:45Z
dc.date.available2013-12-27T03:47:45Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210103038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13379
dc.description.abstractSalah satu alternatif metode pembelajaran yang inovatif adalah metode pembelajaran TAPPS. Metode TAPPS merupakan suatu metode pembelajaran yang melibatkan dua orang siswa menyelesaikan suatu masalah. Setiap siswa memiliki masalah masing-masing dan guru dianjurkan untuk mengarahkan siswa sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Banyak penelitian dilakukan untuk menguji efektivitas metode TAPPS khususnya dalam mata pelajaran Matematika, namun belum ada penelitian tentang penggunaan metode ini dalam mata pelajaran Biologi SMP untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode TAPPS dan yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) untuk menguji hasil belajar afektif siswa yang menggunakan metode TAPPS dan yang menggunakan pembelajaran konvensional untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang menggunakan metode TAPPS dan yang menggunakan pembelajaran konvensional dan (4) untuk menguji efektivitas pembelajaran kooperatif dengan metode TAPPS dan yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 8A, 8B, 8C dan 8D SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model vii pembelajaran kooperatif dengan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Hasil belajar kognitif siswa diukur melalui pretest dan posttest dan dianalisis menggunakan uji ANAKOVA. Hasil belajar ranah afektif and aktivitas siswa dianalisis menggunakan Independent sample T-test. Aktivitas siswa juga diukur menggunakan rumus Pa. Efektivitas metode TAPPS dihitung menggunakan rumus Gain test, namun sebelumnya data harus normal dan homogen. Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode TAPPS dan yang menggunakan pembelajaran konvensional diuji menggunakan ANAKOVA. Besarnya signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 atau sangat signifikan dengan nilai rerata post test kelas kontrol adalah 46,88 dan kelas eksperimen adalah 73,08. Hasil belajar afektif siswa di uji dengan Indipendent sample T-test. Dari hasil uji tersebut diperoleh signifikasi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perlakuan pembelajaran terhadap nilai afektif siswa pertemuan pertama dan kedua. Hasil belajar afektif kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan rerata nilai afektif kelas kontrol pertemuan pertama dan kedua adalah 8,5455 dan 9,0303 dan kelas eksperimen 13,5429 dan 13,4857. Hasil aktivitas siswa dihitung menggunakan rumus aktivitas (Pa). Kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 48,09% dan 49,76% kelas eksperimen memperoleh nilai 67,50% dan 67,20%. Nilai aktivitas juga dihitung menggunakan Indipendent sample T-test yang mendapat signifikansi sebesar 0,000 dengan kata lain terdapat perbedaan perlakuan pembelajaran terhadap nilai aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Efektivitas dihitung menggunakan Gain test untuk mengetahui berapa besar efektivitas pembelajaran menggunakan metode TAPPS. Dari perhitungan diperoleh rerata nilai Gain sebesar 0,529 (sedang) untuk kelas eksperimen. Kelas kontrol diperoleh nilai Gain sebesar 0,158 (rendah) sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TAPPS lebih efektif daripada metode konvensional (diskusi) yang selama ini digunakan guru mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103038;
dc.subjectEfektivitas Model Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Hasil Belajar Biologi dan Aktivitas Siswa (Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 10 Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record