Show simple item record

dc.contributor.authorLubis Muzaki
dc.date.accessioned2013-12-27T03:46:02Z
dc.date.available2013-12-27T03:46:02Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM090210101096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13376
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis matode guided discovery learning berbantuan e-learning dengan aplikasi ATutor pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa digital, LKS digital, dan tes hasil belajar) dan media e-learning. Media e-learning telah dipublikasikan secara online dengan alamat situs http://skripsi-lubis.web.id. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 7 Jember. Pengambilan data dimulai tanggal 09 April 2013 sampai tanggal 17 April 2013. Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode validasi perangkat pembelajaran, observasi, dan pengisian angket. Data dari hasil validasi perangkat pembelajaran dianalisis untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran. Data dari hasil tes, dianalisis untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran. Observasi dilakukan terhadap aktivitas siswa, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Pengisian angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil analisis data validasi menunjukkan bahwa semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar kerja siswa digital (LKS Digital), buku siswa digital, tes hasil belajar, dan media e-learning yang dikembangkan memiliki koefisien validitas secara berurutan 0,93; 0,944; 0,919; 0,933; dan 0,885. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika berbasis metode guided discovery learning berbantuan elearning dapat dinyatakan valid dan layak diujicobakan. viii Tingkat pencapaian kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap pertemuan telah mencapai 82.45% dan 89,47% sehingga perangkat yang dikembangkan dikatakan praktis. Hal ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran telah memenuhi indikatorindikator dalam lembar observasi. Guru juga telah menerapkan dengan baik semua perangkat pembelajaran yang diujicobakan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa Digital (LKS digital), Buku Siswa Digital, Tes Hasil belajar, dan e-learning. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis metode guided discovery learning berbantuan e-learning telah memenuhi kriteria kepraktisan. Kriteria keefektifan diperoleh dari hasil analisis keaktifan belajar siswa, angket respon siswa, dan perolehan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif dilihat dari: (1) berdasarkan analisis keaktifan siswa diperoleh persentase aktivitas pertemuan I dan II berturut-turut 87,37% dan 94,44%. Dari hasil analisis aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu sebesar 90,9%, sehingga termasuk kategori baik; (2) hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa memberi respon positif sebesar 93,3% terhadap semua aspek pembelajaran matematika berbasis metode guided discovery learning berbantuan e-learning; (3) tes hasil belajar dilaksanakan untuk menilai indikator kognitif produk. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa, dapat dilihat bahwa persentase siswa yang mencapai nilai ≥ 60 sebesar 94,88%. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis metode guided discovery learning berbantuan elearning telah memenuhi kriteria keefektifan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101096;
dc.subjectguided discovery learningen_US
dc.titlePengembangan perangkat pembelajaran berbasis metode guided discovery learning berbantuan e-learning dengan aplikasi ATutor pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record