Show simple item record

dc.contributor.authorMardiatul Hasanah
dc.date.accessioned2013-12-27T03:44:53Z
dc.date.available2013-12-27T03:44:53Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210193040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13372
dc.description.abstractPembelajaran praktikum merupakan proses pembelajaran di laboratorium dalam rangka memperkuat teori-teori/pengetahuan yang didapatkan dengan cara pengalaman belajar lain. Strategi rancangan pembelajaran praktikum merupakan pengintegrasian antara teori/pengetahuan dan keterampilan dasar professional dengan menggunakan pendekatan model dan metode pembelajaran, sehingga pelaksanaan pembelajaran dikelola secara terintegrasi (Rustaman, 2003). Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan disain pembelajaran praktikum yang mengarah pada strategi pengorganisasian guna mencapai tujuan pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran dimulai dengan pembenahan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran berhubungan dengan cara mengajar yang paling efektif dan efisien dalam memberikan pengalaman belajar yang diperlukan untuk mencapai tujuan khusus pembelajaran (Ahmadi, 1991). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan aktivitas dan capaian hasil belajar siswa kelas XI SMAN di Kabupaten Bondowoso. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Kabupaten Bondowoso pada bulan September sampai Oktober 2012. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru biologi kelas XI di 10 SMAN Kabupaten Bondowoso yang berjumlah 13 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel diambil vii sebanyak 50% yaitu 7 (tujuh) guru biologi kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Bondowoso. Sehingga didapatkan responden dengan jumlah 7 guru Biologi, data dianalisis dengan analisis statistik korelasi Kendall tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi kelas XI SMAN di Kabupaten Bondowoso berdasarkan rerata kualitas silabus sebesar 1,68 (84,1%) dengan kualitas sangat baik dan RPP sebesar 4,0 (79,1%) dengan kualitas baik, telah sesuai dengan kurikulum, tujuan pembelajaran, kebutuhan belajar siswa, kondisi sekolah (sarana dan prasarana laboratorium), serta lingkup materi ajar. Strategi yang banyak digunakan yaitu strategi pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan menggunakan metode eksperimen dan strategi pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode diskusi. Aktivitas siswa dalam kegiatan praktikum dalam ranah afektif dan ranah psikomotorik masuk dalam kategori baik dengan skor terbanyak yaitu skor 3 dengan persentase 47,69%, serta capaian hasil belajar yang berupa hasil kegiatan praktikum mencapai skor terbanyak yaitu skor “C” (cukup) dengan persentase 65% dan ulangan harian mencapai skor terbanyak yaitu skor “C” (cukup) dengan persentase 59,3% juga masuk dalam kategori cukup baik. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (P < 0,05) antara strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan aktivitas siswa dan terdapat hubungan yang tidak signifikan (P > 0,05) antara strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan capaian hasil belajar praktikum siswa kelas XI.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193040;
dc.subjectHubungan Antara Strategi Guru dalam Pengembangan Disain Pembelajaranen_US
dc.titleHubungan Antara Strategi Guru dalam Pengembangan Disain Pembelajaran Praktikum Biologi dengan Aktivitas dan Capaian Hasil Belajar Praktikum Siswa Kelas XI SMAN di Kabupaten Bondowosoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record