Show simple item record

dc.contributor.authorLukluk Ibana
dc.date.accessioned2013-12-27T03:32:35Z
dc.date.available2013-12-27T03:32:35Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210103035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13351
dc.description.abstractPembelajaran adalah proses kerja sama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada baik potensi yang bersumber dari dalam diri siswa itu sendiri seperti minat, bakat dan kemampuan dasar yang dimiliki termasuk gaya belajar maupun potensi yang ada diluar diri siswa seperti lingkungan, sarana, dan sumber belajar sebagai upaya untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Pembelajaran biologi masih belum sesuai dengan tujuan pembelajaran biologi, hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh setelah pembelajaran dilakukan. Kegiatan belajar mengajar biologi di sekolah masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif, sehingga perlu adanya perbaikan agar proses belajar mengajar optimal dan hasil yang diinginkan dapat tercapai. Pe rbaikan yang dapat dilakukan sesuai dengan permasalahan yang terjadi dalam kelas yaitu Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray merupakan model pembelajaran yang penerapannya dengan memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Penerapan Two Stay Two Stray akan mengarahkan siswa untuk aktif, baik dalam berdiskusi, tanya jawab, mencari jawaban, menjelaskan dan juga menyimak materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Aktivitas siswa diukur dengan menggunakan rumus persentase aktivitas siswa yang diukur pada setiap pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan siswa. Berdasarkan analisis data aktivitas siswa, diperoleh hasil yaitu pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mampu meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember. Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan tiap-tiap kriteria aktivitas yaitu aktivitas mengerjakan LDS dari 54,55% meningkat menjadi 81,67% dan peningkatannya sebesar 27,12%, aktivitas bertamu atau tinggal dari awal 78,34% meningkat menjadi 86,67% dan peningkatannya sebesar 8,33%, aktivitas presentasi dari 63,89% meningkat menjadi 79,45% dan peningkatannya sebesar 15,56%, aktivitas memperhatikan penjelasan guru dari 78,89% meningkat menjadi 82,22% dan peningkatannya sebesar 3,33%, dan aktivitas membuat kesimpulan dari 57,78% meningkat menjadi 70,56% dan peningkatannya sebesar 12,78%. Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray uga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember pada materi Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan. Ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 46,67% menjadi 73,33% pada siklus 1, dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus 2. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus ke siklus 1 sebesar 26,66%, sedangkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103035;
dc.subjectPenerapan Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record