• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Analisis Level Pertanyaan pada Soal Cerita Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Buku Teks Matematika SMK Program Keahlian Akuntansi dan Penjualan Kelas X Terbitan Erlangga dan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional”.“Analisis Level Pertanyaan pada Soal Cerita Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Buku Teks Matematika SMK Program Keahlian Akuntansi dan Penjualan Kelas X Terbitan Erlangga dan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional”.

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Listiana - 080210101057_1.pdf (405.6Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Ika Listiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendapat Britton yang menyatakan bahwa pennyajian buku teks matematika akan efektif jika disesuaikan dengan tingkat kognitif pembacanya. Salah satu sajian dalam buku teks matematika yang perlu disesuaikan dengan pemrosesan kognitif pembacanya adalah tingkat kompleksitas pertanyaan pada soal, utamanya soal cerita. Taksonomi SOLO (the Structure of Observed Learning Outcome) atau struktur hasil belajar yang teramati, merupakan alat yang mudah dan sederhana untuk menentukan tingkat kesulitan dan kompleksitas suatu soal atau pertanyaan. Berdasarkan uraian di atas, diadakan penelitian dengan tujuan untuk menentukan persentase masing-masing level pertanyaan pada soal cerita berdasarkan Taksonomi SOLO, dan untuk menentukan persentase masing-masing level pertanyaan pada soal cerita berdasarkan Taksonomi SOLO standar kompetensi matematika untuk SMK/MAK buku teks matematika SMK program keahlian akuntasi dan penjualan kelas X terbitan Erlangga dan Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jenis penelitian penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan level pertanyaan pada soal cerita, kedalam level pertanyaan Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan Abstrak Diperluas berdasarkan Taksonomi SOLO. Sumber penelitian ini adalah buku teks matematika SMK program keahlian akuntasi dan penjualan kelas X terbitan Erlangga dan Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, level pertanyaan pada soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika SMK kelas X program keahlian viii Akuntansi dan Penjualan, karangan Tuti Masrihani, dkk terbitan Erlangga dan Pada buku teks matematika SMK kelas X kelompok Akuntansi dan Penjualan, karangan To’ali terbitan Pusat Perbukuan Departemen berdasarkan Taksonomi SOLO adalah: (a) Buku terbitan Erlangga adalah 0%; 22,50%; 77,50%; 0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional dan Abstrak Diperluas. (b) Buku terbitan Pusat Perbukuan Departemen Nasional adalah 0%; 37,13%; 62,29%; 0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan Abstrak Diperluas. Level pertanyaan pada soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika penunjang SMK berdasarkan Taksonomi SOLO pada standar kompetensi matematika untuk SMK/MAK terbitan Erlangga adalah: (1) Standar kompetensi (SK) 1 terdapat 0%; 15,00%; 16,88%; 0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan Abstrak Diperluas. (2) SK 2 terdapat 0%; 5,00%; 26,88%; 0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan level Abstrak Diperluas. (3) SK 3 terdapat 0%; 0,63%; 7,50%;0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, level Relasional dan Abstrak Diperluas. (4) SK 4 terdapat 0%; 1,88%; 26,50%; 0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional dan Abstrak Diperluas. Pada buku matematika SMK kelompok akuntansi dan penjualan terbitan Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, adalah: Standar kompetensi (SK) 1 terdapat 0%; 2,75%;12,77%; 0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan Abstrak Diperluas. (2) SK 2 terdapat 0%; 2,40%; 11,38%; 0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan level Abstrak Diperluas. (3) SK 3 terdapat 0%; 0%; 3,00%; 0% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, level Relasional dan Abstrak Diperluas. (4) SK 4 terdapat 0%; 12,66%; 31,13% berturut-turut pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional dan Abstrak Diperluas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13330
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15375]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository