Show simple item record

dc.contributor.authorAnis Fauziati
dc.date.accessioned2013-12-27T03:13:12Z
dc.date.available2013-12-27T03:13:12Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210204352
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13318
dc.description.abstractMotivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi ketuntasan hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran IPS yang di dalamnya berisi hal – hal yang menuntut siswa untuk menghafalkan materi yang diterangkan dan dicatat oleh guru sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi belajar siswa. Motivasi dapat ditumbuhkembangkan dengan menciptakan pembelajaran yang aktif, cara yang kreatif dan kondisi yang menyenangkan. Pendekatan PAIKEM merupakan pendekatan yang dapat menumbuhkan keaktifan siswa, mengembangkan kreatifitas serta menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga motivasi para siswa dapat meningkat dan pembelajaran dapat lebih bermakna. Dalam penelitian ini, penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu kelas III SDN Balung Kidul 01 Kecamatan Balung berdasar permasalahan yaitu motivasi belajar di kelas ini rendah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindaakan, observasi dan refleksi . Analisis data dalam penelitian ini menggguunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas III SDN Balung Kidul 01 Balung. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh sebelum tindakan yaitu sebesar 32.5% kemudian setelah diterapkan pendekatan PAIKEM, motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I dengan skor rata-rata 54.5% dan pada siklus II skor rata-rata motivasi siswa semakin meningkat menjadi 72%. Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya pendekatan PAIKEM motivasi belajar siswa dapat meningkat dari kriteria rendah menjadi cukup dan meningkat lagi menjadi tinggi. Hasil belajar siswa hanya mencapai 62.4 yang menunjukkan kurang dari SKM yang telah ditentukan. Setelah diterapkan pendekatan pembelajaran PAIKEM, hasil belajar siswa mendapat rata-rata 69.2 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80.2, Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya pendekatan PAIKEM dapat memperbaiki proses pembelajaran, yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204352;
dc.subjectMOTIVASI, HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN BUATAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAIKEM DI KELAS III SDN BALUNG KIDUL 01 KECAMATAN BALUNGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record