| dc.description.abstract | Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi ketuntasan 
hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran IPS  yang di dalamnya berisi hal – 
hal  yang menuntut siswa untuk menghafalkan  materi yang diterangkan dan dicatat 
oleh guru sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi belajar siswa. 
Motivasi  dapat ditumbuhkembangkan dengan menciptakan pembelajaran 
yang aktif, cara yang  kreatif dan kondisi yang menyenangkan. Pendekatan PAIKEM 
merupakan pendekatan yang dapat menumbuhkan  keaktifan siswa, mengembangkan 
kreatifitas serta menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga motivasi 
para siswa dapat meningkat dan pembelajaran dapat lebih bermakna. 
Dalam penelitian ini, penentuan subjek penelitian menggunakan metode 
populasi, yaitu kelas III SDN Balung Kidul 01  Kecamatan  Balung berdasar 
permasalahan yaitu motivasi belajar di  kelas ini rendah.  Metode pengumpulan  data 
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi . Penelitian ini 
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, 
tindaakan, observasi dan refleksi . Analisis data dalam penelitian ini menggguunakan 
analisis data statistik deskriptif. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran 
PAIKEM dapat meningkatkan motivasi  dan hasil  belajar  siswa  pada kelas III SDN 
Balung Kidul 01 Balung. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari skor rata-rata yang 
diperoleh sebelum tindakan  yaitu  sebesar 32.5%  kemudian  setelah diterapkan 
pendekatan PAIKEM, motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I dengan skor rata-rata  54.5%  dan pada siklus II skor rata-rata motivasi siswa  semakin  meningkat  
menjadi 72%.  Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya pendekatan 
PAIKEM motivasi belajar siswa dapat meningkat dari kriteria rendah menjadi cukup 
dan meningkat lagi menjadi tinggi. Hasil belajar siswa hanya mencapai 62.4 yang 
menunjukkan kurang dari SKM yang telah ditentukan.  Setelah   diterapkan 
pendekatan pembelajaran PAIKEM, hasil belajar siswa mendapat rata-rata 69.2 pada 
siklus I dan pada siklus II meningkat lagi  menjadi 80.2,  Berdasarkan hasil tersebut, 
dengan diterapkannya pendekatan PAIKEM dapat memperbaiki proses pembelajaran, 
yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. | en_US |