Show simple item record

dc.contributor.authorFitrah Dewi Mustikasari
dc.date.accessioned2013-12-27T03:00:08Z
dc.date.available2013-12-27T03:00:08Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210103010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13289
dc.description.abstractBelajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Belajar juga merupakan proses pengumpulan atau penghafalan suatu fakta dalam bentuk informasi atau materi pelajaran (Mulyadi dalam Herlina, 2007:18). Menurut Muhibbin, (dalam Herlina 2007:18). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN 2 Jember dalam proses pembelajaran biologi, guru belum melibatkan aktivitas siswa dalam kegiatan mengajar seperti jarang memberikan kesempatan bertanya karena menurut guru dari hasil wawancara, meskipun guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tetapi siswa cenderung diam seolah-olah tidak ada yang perlu ditanyakan. Kondisi kelas pasif dan hanya terjadi pemberian informasi dari guru ke siswa. Hal ini yang menyebabkan guru cenderung menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Dari hasil observasi tersebut, maka peneliti memberikan solusi dari maslah pembelajaran dengan menerapkan sebuah strategi pembelajaran index card match dengan teknik mind mapping dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan kependidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di dalam kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara keseluruhan. Subjek penelitian adalah kelas X.E MAN 2 Jember. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari- Februari semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data vii obsrvasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Parameter yang diukur adalah karakter dan hasil belajar siswa. karakter siswa yang diukur dalam kegiatan pembelajaran adalah kerja sama dan kreatif, sedangkan hasil belajar dilakukan dalam bentuk posttest. Metode analisis data untuk karakter siswa data dianalisis secara deskriptif, sedangkan untuk hasil belajar dibandingkan dari pra siklus, siklusI dan siklus II. Hasil karakter pada pra siklus cenderung BT (belum terlihat), karakter siklus I cenderung MB (mulai berkembang) yaitu siswa melakukan karakter belum konsisten hal ini karena masih ada beberapa siswa yang masih belum mengerti karakter yang ditingkatkan dalam strategi pembelajaran ini, dan karakter siklus II cenderung MB (mulai berkembang) tetapi sudah ada beberapa siswa yang melakukan karakter MK (mulai konsisten). Hasil pembelajaran pada pra siklus didapatkan rata-rata hasil tes siswa sebesar 73,15. Hasil tersebut sudah melebihi ketuntasan minimum yang ada di MAN 2 Jember yaitu 70. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada pra siklus sebesar 64,70% dengan 22 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang belum tuntas. Hasil belajar pada siklus I adalah 71,76. Nilai ini sudah mencapai nilai standart ketuntasan minimum yang ada di MAN 2 Jember yaitu sebesar 70. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus I sebanyak 25 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I sebesar 73,52%. Hasil belajar pada siklus II, maka didapatkan hasil rata-rata tes siklus II sebesar 75,29, tingkat ketuntasan belajar 82,35% dengan 28 siswa telah tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran index card match dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil karakter siswa yang meningkat dari pra siklus sampai dilaksanakan siklus I dan siklus II dan juga disertai peningkatan hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa yang dapat memenuhi standart ketuntasan klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103010;
dc.subjectPenerapan Strategi Pembelajaran Index Card Matchen_US
dc.titlePenerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dengan Teknik Mind Mapping dalam Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X.E Tahun Ajaran 2012/2013 MAN 2 Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record