Show simple item record

dc.contributor.authorRezkie Dwi Wahyuni
dc.date.accessioned2013-12-27T02:46:09Z
dc.date.available2013-12-27T02:46:09Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210101086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13257
dc.description.abstractPenelitian menggunakan model pengembangan 4D (Four-D Model) yang terdiri atas empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran untuk menentukan kebutuhankebutuhan awal dalam suatu pembelajaran, seperti karakteristik berpikir dan pengalaman belajar siswa, materi atau konsep-konsep yang akan diajarkan, serta kegiatan atau tugas-tugas belajar yang akan diberikan. Pada tahap perancangan dilakukan pemilihan media dan format pembelajaran dalam LKS, serta perancangan prototipe LKS. Proses ini menghasilkan LKS yang disebut draf 1. LKS memuat materi segiempat yang terdiri atas enam sub bab yaitu persegi panjang, persegi, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang, dan trapesium. Tahap selanjutnya adalah pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi dan uji coba LKS. Penilaian dan validasi dilakukan oleh tiga orang dosen Pendidikan Matematika dan satu orang guru bidang studi matematika. Uji coba LKS dilakukan di tiga sekolah yaitu SMP 3 Jember, SMP 1 Jember, dan SMP 1 Bondowoso. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKS memiliki kategori kevalidan sangat baik dengan rata-rata nilai kevalidan adalah 0,87. Dengan tercapainya kevalidan tersebut maka LKS dapat dikatakan valid dan layak diujicobakan tanpa validasi kembali. Hasil uji coba LKS menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria kepraktisan kategori baik dengan persentase penilaian pada angket respon siswa terhadap LKS adalah 77,03%. Dengan demikian, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bilingual pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan segiempat layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101086;
dc.subjectLembar Kegiatan Siswa (LKS), Kontekstual, Segiempaten_US
dc.titlePENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BILINGUAL PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP SEMESTER GENAPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record