Show simple item record

dc.contributor.authorDian Eka Aprilia Fitria Ningrum
dc.date.accessioned2013-12-27T02:44:13Z
dc.date.available2013-12-27T02:44:13Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM090210103062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13254
dc.description.abstractSalah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan adalah dengan pembaharuan sistem pendidikan, yaitu pada kurikulum. Kurikulum baru yang segera diterapkan yaitu kurikulum 2013. Salah satu faktor pendukung keberhasilan kurikulum adalah ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum. Salah satu contoh bahan ajar adalah buku siswa. Buku siswa yang dikembangkan berbasis pada pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT), sehingga dapat memicu siswa untuk melatih potensi intelektualnya dalam menganalisis, membuat pertimbangan, menarik kesimpulan serta melatih hubungan interpersonal melalui penyampaian pendapat. Selain itu, buku siswa yang dikembangkan berdasarkan masalah dasar dalam materi metabolisme karbohidrat yaitu siswa kesulitan mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-hari karena materi tergolong sulit dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar biologi berupa buku siswa untuk siswa kelas XII SMA. Selain itu, untuk menguji kevalidan/kelayakan hasil bahan ajar berbasis pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) pada pokok bahasan metabolisme karbohidrat untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini mengacu pada modifikasi model pengembangan 4-D karena hanya dibatasi pada tahap 3-D yaitu define, design, develop. viii Pada tahap define dilakukan penyebaran angket siswa dan guru untuk mengetahui masalah dasar serta kebutuhan-kebutuhan dalam pembelajaran khususnya pokok bahasan metabolisme karbohidrat. Pada tahap design dilakukan untuk merancang buku siswa yang berkarakter pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT). Pada tahap develop dilakukan validasi ahli terhadap buku siswa yang dikembangkan dan uji coba terbatas. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMA di Kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Jember, SMAN Ambulu, dan SMAN Arjasa. Berdasarkan hasil validasi, diketahui rata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak digunakan dalam pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap substansi yang perlu diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator. Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan dengan 9 orang siswa kelas XII yang sebelumnya pernah mendapatkan materi metabolisme karbohidrat. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sedangkan hanya 23,81% yang tidak merespon positif. Artinya siswa sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas maka dapat dikatakan bahwa buku siswa yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikembangkan telah mengulas materi metabolisme karbohidrat secara keseluruhan dan telah melewati tahap validasi dan revisi hingga bahan ajar dikatakan valid.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103062;
dc.subjectPengembangan Bahan Ajar Biologien_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) pada Pokok Bahasan Metabolisme Karbohidrat Kelas XII SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record