Show simple item record

dc.contributor.authorDevi Yuniar
dc.date.accessioned2013-12-27T02:29:24Z
dc.date.available2013-12-27T02:29:24Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM090210101017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13213
dc.description.abstractRendahnya aktivitas siswa berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa, sehingga masih banyak siswa yang belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan sekolah dan harus remidi. Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember termasuk kelas yang memiliki kemampuan siswa heterogen dan hasil belajar yang rendah jika dibandingkan dengan kelas VIII yang lain. Keaktivan siswa dalam proses belajar di kelas ini juga masih kurang, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan cara mengaktivkan siswa. SMP Negeri 1 Jember merupakan salah satu SMP favorit di kota Jember, sebagian besar siswanya mempunyai kemampuan di atas rata-rata jika dibandingkan dengan SMP-SMP lain. Oleh karena itu, siswa-siswa di SMP Negeri 1 Jember cenderung bersikap individual. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dalam pembelajaran matematika, sistem penilaian yang digunakan selama ini masih menggunakan satu metode pengujian, yaitu tes yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap informasi-informasi aktual saja. Hal ini didukung oleh hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika, penilaian di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember selama ini hanya berdasarkan hasil tes saja. Dengan demikian, penilaian harus terintegrasi dalam proses pembelajaran, bukan semata-mata pada hasil pembelajaran. Penilaian yang sesuai dengan hal tersebut adalah authentic assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran, serta untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 6 Februari sampai 20 April 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember yang berjumlah 38 siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat aktif dan antusias. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata persentase aktivitas individu, aktivitas kelompok dan penilaian teman sendiri. Semua komponen penilaian afektif dan kognitif pada siklus II mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I sebesar 74,68 dan rata-rata nilai akhir siswa pada siklus II sebesar 80,76. Pembelajaran ini juga telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 76,32%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diberikan saran yaitu. Dalam pembelajaran matematika, sistem penilaian yang digunakan selama ini masih menggunakan satu metode pengujian, yaitu tes yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap informasi-informasi aktual saja. Hal ini didukung oleh hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika, penilaian di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember selama ini hanya berdasarkan hasil tes saja. Dengan demikian, penilaian harus terintegrasi dalam proses pembelajaran, bukan semata-mata pada hasil pembelajaran. Penilaian yang sesuai dengan hal tersebut adalah authentic assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran, serta untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas vi siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat aktif dan antusias. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata persentase aktivitas individu, aktivitas kelompok dan penilaian teman sendiri. Semua komponen penilaian afektif dan kognitif pada siklus II mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I sebesar 74,68 dan rata-rata nilai akhir siswa pada siklus II sebesar 80,76. Pembelajaran ini juga telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 76,32%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diberikan saran yaitu. 1) guru diharapkan lebih dapat menguasai kelas pada saat pembentukan kelompok dan mengkondisikan siswa agar lebih tertib. 2)penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika di kelas agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan. 3)model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai alternatif penilaian hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101017;
dc.subjectTipe Team Games Tournamenten_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Authentic Assessment untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar pada Materi Luas Permukaan Prisma dan Limas Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record