• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Belajar Konsep Matematika Siswa Akselerasi Berdasarkan Teori Bruner dan Cara Belajar Liang Gie Di SMP Negeri 3 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Bentina Laila Fitri - 080210101008_1.pdf (215.3Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Bentina Laila Fitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program akselerasi adalah program pelayanan pendidikan peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa yang ditempuh selama 2 tahun. Siswa di kelas akselerasi ini harus menyelesaikan keseluruhan materi matematika yang seharusnya ditempuh 3 tahun menjadi 2 tahun. Bruner mengemukakan empat teori belajar dalam belajar matematika yaitu teorema konstruksi, notasi, variasi dan kontras, dan konektivitas. Salah satu pelopor cara belajar yang efisien adalah The Liang Gie. Liang Gie menjelaskan bagaimana siswa seharusnya belajar mulai dari cara mengikuti pelajaran, mencatat yang baik dan belajar sendiri. Siswa yang cara belajarnya baik akan mendapatkan hasil yang baik pula. Program akselerasi diaplikasikan atau diterapkan di Kabupaten Jember yang salah satunya adalah SMP Negeri 3 Jember. Pemahaman terhadap konsep materi matematika dapat tercapai apabila para pengajar dapat memberikan pengajaran yang optimal dan sesuai dengan cara belajar siswa, sehingga perlu mengetahui bagaimana cara belajar siswa akselerasi dalam memahami konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana profil belajar konsep matematika siswa akselerasi berdasarkan teori Bruner dan cara belajar Liang Gie di SMP Negeri 3 Jember. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa akselerasi kelas IX SMP Negeri 3 Jember yang berjumlah 12 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kepada siswa, wawancara kepada siswa dan guru bidang studi matematika, observasi aktivitas belajar siswa akselerasi pada saat proses kegiatan belajar mengajar di kelas dan dokumentasi. Kesimpulan akan diperoleh dari modus jawaban siswa dan vii aktivitas kebanyakan siswa. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Profil belajar konsep matematika siswa akselerasi berdasarkan Bruner adalah cara memahami materi bilangan dengan teori konstruksi, materi aljabar dengan teori notasi, geometri dengan teori konstruksi, kontras dan variasi, sedangkan materi statistik dan peluang dengan teori konstruksi. Sedangkan profil belajar berdasarkan cara belajar Liang Gie adalah sebagai berikut: (1) siswa melihat jadwal pelajaran dan belajar pada malam sebelum menerima pelajaran di sekolah keesok harinya; (2) saat pelajaran berlangsung siswa memperhatikan materi matematika yang dijelaskan guru dan mencatat hal yang dirasa penting, siswa akselerasi juga sangat aktif dan kritis dalam menerima pelajaran; (3) siswa akselerasi memiliki buku khusus matematika; (4) siswa akselerasi mencatat materi matematika sesuai dengan cara pemahaman mereka sendiri; (5) siswa akselerasi hanya mencatat rumus jadi saja; (6) cara membuat ulasan atau iktisar adalah dengan menggaris bawahi atau menambah katakata penting sesuai dengan gaya bahasa sendiri; (7) minat belajar sendiri siswa akselerasi biasa-biasa saja sesuai rutinitas; (8) siswa akselerasi bisa belajar ditempat manapun dan keadaan apapun asalkan tenang; (9) cara belajar sendiri yaitu dengan membaca materi dahulu baru kemudian mengerjakan latihan soal apabila ada yang tidak dimengerti akan mereka catat dan tanyakan kepada teman dan guru keesokan harinya; (10) jika konsentrasi belajar matematika siswa akselerasi menurun maka siswa akan beristirahat dan melanjutkan belajar kembali setelah itu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13174
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository