• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Tahun Ajaran 2012/2013

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Ulfatun Nikmah - 090210102088_1.pdf (636.6Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Ulfatun Nikmah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada jenjang pendidikan di sekolah menengah yang berhakekat pada produk dan proses. Model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memberikan waktu berfikir kepada siswa dan merespon serta saling membantu satu sama lain. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share akan berjalan dengan efektif jika menerapkan pembelajaran berpusat pada kegiatan siswa yaitu dengan keterlibatan aktif dari siswa dalam proses belajar. Media CD interaktif adalah media yang menampilkan teks, suara, animasi dalam sebuah tampilan yang terintegrasi dan interaktif sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat. Model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa serta meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media CD interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media CD interaktif dengan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui seberapa besar aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media CD interaktif dalam pembelajaran fisika.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisa data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji taraf ignifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,001 atau < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adanya perbedaan hasil post-test yaitu kelas eksperimen sebesar 75,7 dan kelas kontrol sebesar 70,9 dikarenakan pada kelas eksperimen siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Pada kelas eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih banyak mengajak siswa berfikir baik secara individu maupun dalam diskusi kelompok dan berinteraksi dengan bantuan media CD interaktif yang menarik, sehingga membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas siswa yang paling rendah adalah bertanya dengan persentase rata-rata sebesar 70,37 %. Hal ini dikarenakan siswa kurang percaya diri karena masih merasa malu untuk bertanya. Aspek aktivitas siswa yang paling tinggi adalah memperhatikan penjelasan guru dengan persentase rata-rata sebesar 87,03 %. Hal ini dikarenakan siswa tertarik dengan media yang digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen pada KBM 1 dan KBM 2 diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 79,16 % dan termasuk pada kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media CD interaktif dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol (2) Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media CD interaktif termasuk dalam kategori aktif .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13169
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail