Show simple item record

dc.contributor.authorAzmyJuhayla
dc.date.accessioned2013-12-27T02:12:53Z
dc.date.available2013-12-27T02:12:53Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM090210101097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13168
dc.description.abstractMata pelajaran matematika masih dianggap pelajaran yang paling sulit oleh sebagian siswa. Kesulitan belajar tersebut bisa berasal dari faktor guru dan juga faktor siswa itu sendiri. Terkadang beberapa guru matematika melakukan pembelajaran yang monoton dan membosankan sehingga minat belajar siswa terhadap matematika berkurang. Untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika guru perlu mengadakan pembaruan terhadap strategi, model, metode, ataupun pendekatan pembelajaran yang telah diterapkan. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melakukan perbaikan adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction). Model pembelajaran ini merupakan suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Dimana dalam model ini siswa diajarkan untuk menanamkan rasa percaya diri (Assurance)sehingga dapat menampilkan presentasi dengan baik. Siswa diberi materi yang mempunyai relevansi dengan kehidupan sehari-hari (Relevance) sehingga minat atau perhatian siswa tertarik dengan materi yang diberikan. Pembelajaran ini menggunakan metode-metode yang bervariasi sehingga pembelajaran lebih menarik (Interest). Setelah itu diberikan evaluasi (Assesment) terhadap hasil belajar siswa dan penguatan berupa penghargaan baik verbal maupun non verbal (Satisfaction). Berdasarkan beberapa kelebihan tersebut pembelajaran ini dapat digunakan untuk memberikan pemahaman konsep materi yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ARIAS untuk mengatasi kesalahan menyelesaikan soal keliling dan luas bangun datar, mengetahui kecenderungan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas bangun datar, dan mengetahui persentase kesalahan siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember kelas X AP1 dengan subyek penelitian sebanyak 37 siswa pada tanggal 16 Februari 2013 sampai tanggal 11 April 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Data yang dianalisis adalah persentase aktivitas siswa berdasarkan hasil observasi dan persentase kesalahan siswa berdasarkan tes pendahuluan, tes akhir 1, dan tes akhir 2. Berdasarkan jumlah persentase kesalahan siswa tampak kesalahan siswa berkurang. Pada tes pendahuluan jumlah persentase kesalahan siswa adalah 98,11% dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 19,62%. Pada tes akhir 1 jumlah persentase kesalahan siswa sebesar 97,64% dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 19,53%. Tetapi pada tes akhir 1 terjadi peningkatan pada beberapa jenis kesalahan. Peningkatan tersebut tidak terlalu besar. Pada tes akhir 2 jumlah persentase ini menurun menjadi 45,95% dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 9,19%. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa pada tes pendahuluan, tes akhir 1, dan tes akhir 2 mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes dan analisis kesalahan dapat dikatakan bahwa secara umum persentase kesalahan siswa mempengaruhi nilai rata-rata siswa, tetapi secara individu persentase kesalahan siswa tidak mempengaruhi nilai siswa. Hal ini terjadi karena kesalahan yang banyak terjadi adalah kesalahan-kesalahan kecil seperti tidak lengkap memasukkan data (tidak menuliskan satuan) sehingga tidak terlalu mempengaruhi nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas bangun datar sehingga pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101097;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN ARIASen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) UNTUK MENGURANGI KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record