dc.description.abstract | Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Model Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu : (1) fase investigasi
awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi,
dan (5) fase implementasi. Namun pada penelitian ini, fase implementasi tidak
dilaksanakan karena penelitian ini terbatas sampai menghasilkan perangkat
pembelajaran, tidak sampai mengimplementasikan perangkat pembelajaran. Data
yang dikumpulkan dan dianalisis dalam penelitian ini antara lain data yang
diperoleh dari hasil validasi para ahli dan praktisi, aktifitas siswa dan guru dalam
uji coba perangkat pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran dan
perangkat pembelajaran (buku siswa dan LKS), serta hasil belajar siswa.
Hasil validasi oleh para ahli berupa koreksi, kritik, dan saran yang
digunakan sebagai dasar untuk melakukan revisi dan penyempurnaan terhadap
perangkat pembelajaran. Uji coba dilaksanakan di kelas XII Tata Niaga SMKN 4
Jember dalam dua kali pertemuan, sesuai dengan RPP, serta satu kali pertemuan
untuk tes hasil belajar. Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan disajikan sebagai berikut:
Tabel 1 Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
Kriteria Keterangan Kualifikasi
Kevalidan Koefisien validitas RPP, buku guru, buku
siswa, LKS, dan tes hasil belajar adalah
0,87; 0,91; 0,93; 0,85; dan 0,84.
Sangat tinggi
Kepraktisan Persentase aktifitas guru sebesar 100%
dan persentase aktifitas siswa sebesar
93,44%
Sangat tinggi
Keefektifan Sebanyak 83% siswa telah tuntas hasil
belajarnya dan sebanyak 77,78% siswa
memberikan respon positif terhadap
perangkat pembelajaran
Tinggi
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat ditarik suatu
kesimpulan bahwa kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran berhasil
mengembangkan perangkat pembelajaran operasi matriks berorientasi pendekatan
pemecahan masalah di SMK Program Keahlian Tata Niaga Kelas XII. Perangkat
pembelajaran yang dihasilkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
buku guru, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes hasil belajar yang
telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. | en_US |