dc.description.abstract | Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Balung Jember
tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : (1)
observasi; (2) wawancara; (3) tes; dan (4) dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus. Analisa data yang
digunakan terdiri dari : (1) analisa deskriptif kualitatif berupa data hasil observasi
aktivitas siswa dan guru; (2) analisa deskriptif kuantitatif berupa data skor dari
LKS, tes akhir dan data numerik dari observasi aktivitas siswa.
Hasil pembelajaran berdasarkan teori Gagne dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu
diperoleh: kemampuan informasi verbal meningkat 3,49% dari 71,11% menjadi
74,60%. Kemampuan intelektual siswa meningkat 8,85% dari 63,32% menjadi
72,17%. Strategi kognitif siswa meningkat 11,35% dari 66,34% menjadi 77,69%.
Sikap siswa meningkat 3,1% dari 80,71% menjadi 83,81%. Ketrampilan motorik
siswa tidak mengalami peningkatan yaitu tetap pada 72,86%. Hasil rata-rata nilai
siswa pada siklus 1 meningkat pada siklus 2 sebesar 7,06 dari 68,48 pada siklus 1
menjadi 75,54 pada siklus 2. Sedangkan berdasarkan ketuntasan secara klasikal
juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 11,43% dari 71,42%
menjadi 82,85%. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari pelaksanaan siklus
II lebih baik dari pada hasil dari siklus I ditinjau dari nilai rata-rata kelas dan
ketuntasan siswa secara klasikal.
Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru,
pembelajaran berdasarkan teori Gagne dengan pendekatan SAVI telah
dilaksanakan dengan baik dan lancar walaupun masih terdapat kekurangan dalam
penerapannya. Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari ketuntasan
belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. | en_US |