• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (124.2Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Lailatus Sya’adah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi belajar MURDER, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan strategi belajar MURDER pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 jember semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Strategi belajar MURDER merupakan singkatan dari mood(suasana hati), understand(pemahaman),recall(pengulangan),digest(penelaahan),expand(pengemba ngan), review(pelajari kembali). Pengambilan data dimulai pada tanggal 13 Juli 2011 sampai dengan 17 Agustus 2011. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi belajar MURDER pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar kelas VIII SMP Negeri 12 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 berjalan sesuai dengan langkah – langkah MURDER. Tetapi dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan baik, karena ada satu langkah pembelajaran tidak berjalan sesuai yang diharapkan yaitu langkah keenam(review). Langkah keenam(review) dalam pelaksanaannya, guru sebaiknya sudah mengerti bagaimana pemahaman siswa pada materi yang dipelajari. Oleh karena itu, setelah langkah review seharusnya perlu ada pembahasan hasil pekerjaan siswa, agar guru mengerti siapa saja siswa yang belum memahami materi. Keaktivan siswa semakin meningkat dari pembelajaran 1 hingga pembelajaran 4. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa siklus I, secara klasikal sebesar 76,19% dan semakin meningkat di siklus II menjadi 88,1%. Hal ini dikarenakan siswa memiliki kemampuan belajar secara mandiri. Sehingga terlihat bahwa keberhasilan siswa tergantung pada kemampuannya untuk belajar secara mandiri di kelas. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran menggunakan strategi belajar MURDER cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Faktorisasi Suku Aljabar. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13127
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository