Show simple item record

dc.contributor.authorUmmi Kulsum
dc.date.accessioned2013-12-27T01:29:01Z
dc.date.available2013-12-27T01:29:01Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210191133
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13063
dc.description.abstractNCTM (National Council of Teacher of Mathematics)merupakan sebuah organisasi guru dan pendidik matematika di Amerika Serikat. Pada bulan april tahun 2000, NCTM mengeluarkan prinsip-prinsip dan standar matematika sekolah yang memuat standar isi dan standar proses. Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Komunikasi merupakan cara berbagi ide dan memperjelas pemahaman. Kemampuan komunikasi yang merupakan salah satu standar proses dalam NCTM matematis dapat diartikan sebagai suatu kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya melalui dialog atau percakapan yang terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan. Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) menekankan pada 3 ranah kompetensi peserta didik yakni ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Tetapi, umumnya penilaian yang dilakukan oleh pendidik lebih menekankan pada penilaian ranah kognitif. Hal ini kemungkinan besar disebabkan pendidik kurang memahami penilaian ranah afektif dan psikomotor. Oleh karena itu perlu adanya acuan untuk mengembangkan instrumen penilaian psikomotor. Pengembangan Instrumen ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil pengembangan instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya menurut standar proses komunikasi matematis NCTM. Instrumen ini disusun berdasarkan indikator langkah-langkah yang harus dicapai dalam melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. viii Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Sukorambi kelas VII E yang berjumlah 12 siswa serta 3 orang guru mata pelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan Metode Plomp yang terdiri dari 5 fase. Fase yang pertama adalah fase investigasi awal yaitu perumusan instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya menurut standar proses komunikasi matematis NCTM. Dilanjutkan dengan fase desain yakni fase merancang semua aspek yang diperlukan untuk pengembangan instrumen mulai dari merancang dan membuat kisi-kisi instrumen, merancang lembar validasi, angket dan soal tes. Fase berikutnya adalah fase realisasi (konstruksi). Pada fase ini dilakukan konstruksi instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya hingga siap divalidasi, konstruksi lembar validasi, angket dan soal tes. Setelah fase konstruksi dilalui, dilakukan fase tes, revisi, dan evaluasi yang terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu validasi instrumen dan uji coba instrumen yang telah divalidasi. Validasi instrumen dilakukan oleh 3 validator (ahli) terhadap instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya menurut standar proses komunikasi matematis NCTM. Hasil validasi berupa koefisien validitas instrument. Koefisien validitas pada instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga sebesar 0,8245 dan koefisien validitas pada instrumen penskorannya sebesar 0,8254. Persentase kepraktisan pada instrumen keterampilan melukis garis istimewa dan penskorannya masing-masing sebesar 100%. Persentase keefektifan penerapan langkah melukis garis istimewa pada segitiga pada tahapan melukis, soal nomor 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut adalah 90%, 89,7%, 85%, 92,75%. Sedangkan persentase pemberian skor pada instrumen penskoran keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga menurut standar proses komunikasi matematis NCTM dari tahapan melukis, soal nomor 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut adalah 92,8%, 93,5%, 88,4%, 92,75% . Prototipe akhir yang didapat dari penelitian pengembangan ini adalah instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga menurut standar proses komunikasi matematis NCTM dan penskorannya yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191133;
dc.subjectInstrumen Keterampilan Melukis Garis Istimewaen_US
dc.title“Pengembangan Instrumen Keterampilan Melukis Garis Istimewa pada Segitiga dan Penskorannya Menurut Standar Proses Komunikasi Matematis NCTM(National Council Of Teacher Of Mathematics) Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama(SMP)”.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record