Show simple item record

dc.contributor.authorDonny Youngki Rangkuti
dc.date.accessioned2013-12-27T01:27:34Z
dc.date.available2013-12-27T01:27:34Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM060210191076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13058
dc.description.abstractSubjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 22 siswa, dengan perbandingan jumlah siswa, 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins yang berbentuk spiral. Dimana tindakan diawali dengan perencanaan tindakan (planing), penerapan tindakan (action), mengobservasi (observation) dan melakukan refleksi (reflecting). Selanjutnya pelaksanaan penelitian adalah terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Selanjutnya data yang dianalisis adalah penerapan pembelajaran Jigsaw II (persentase aktivitas guru), aktivitas siswa (persentase), hasil belajar siswa (rata-rata kelas), dan wawancara (interview). Proses pembelajaran diawali dengan pelaksanaan pre tes. Hasil pre tes digunakan untuk membentuk kelompok Asal yang heterogen. Para siswa bekerja dalam kelompok Asal dan kelompok Ahli yang didalamnya terdapat poin-poin aktivitas yang diamati yaitu diskusi, mengemukakan pendapat, memperhatikan pendapat teman, bertanya, presentasi hasil diskusi, memperhatikan penjelasan teman dan menyelesaikan LKS. Analisis data yang digunakan terdiri dari : (1) deskriptif kualitatif dilakukan pada kegiatan observasi, tanggapan siswa dan kesulitan-kesulitan siswa; (2) analisis kuantitatif yang di lakukan terhadap hasil tes siswa. Hasil dan kesimpulan yang diperoleh setelah pelaksanaan siklus I dan II adalah sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II sub pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember tahun ajaran 2011/2012 secara umum berjalan dengan lancar. Siswa dan guru mengaku senang dengan penerapan pembelajaran yang digunakan. (2) Aktitivitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada siklus I sebesar 79,55% mengalami peningkatan dan pada siklus II menjadi 89,58%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 80,23 kemudian meningkat pada siklus II menjadi sebesar 88,18.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210191076;
dc.subjectCooperative Learning, Jigsaw, Operasi Hitung Bilangan Bulaten_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI DARSONO JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record