Show simple item record

dc.contributor.authorAfandi Cahyono
dc.date.accessioned2013-12-26T16:16:15Z
dc.date.available2013-12-26T16:16:15Z
dc.date.issued2013-12-26
dc.identifier.nimNIM060210391173
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12982
dc.description.abstractPada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi kepuasan siswa diantaranya yaitu kualitas pelayanan jasa pendidikan yang disediakan oleh sekolah. Adanya kualitas pelayanan jasa pendidikan (terdiri dari kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian, dan bukti fisik) yang baik, lengkap dan bermutu, maka dapat memberikan rasa puas kepada siswa. Seorang siswa akan merasa puas jika sekolah tempat mereka menuntut ilmu dapat memberikan kualitas pelayanan jasa pendidikan yang sesuai dengan harapan siswa, begitu juga pada SMA Muhammadiyah 3 Jember. Seorang siswa yang merasa puas dengan kualitas pelayanan jasa pendidikan tempat mereka menuntut ilmu, maka dapat ditunjukkan dengan sikap merekomendasikan dengan orang lain, adanya sikap loyalitas, memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap sekolah, serta merasa senang menjadi siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember tersebut.Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan jasa pendidikan yang terdiri atas Reliability (kehandalan), Responsiviniss (daya tanggap), Assurance (jaminan), kepedulian (empati), dan Tangibel (bukti fisik) terhadap kepuasan siswa kelas X dan kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Serta untuk mengetahui variabel Assurance (jaminan) yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan siswa X dan kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Adapun hipotesis yang diajukan yaitu, diduga kualitas pelayanan jasa yang terdiri atas Reliability (kehandalan), Responsiviniss (daya tanggap), Assurance (jaminan), empati (kepedulian), dan Tangibel (bukti fisik) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa kelas X dan kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Serta diduga variabel Assurance (jaminan) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan siswa kelas X dan kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan metode stratified proporsional random sampling yaitu sebanyak 89 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial (yang terdiri: analisis regresi liner berganda, analisis varian garis regresi, uji F, uji t, dan efektivitas garis regresi/koefisien determinasi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan jasa berpengaruh terhadap kepuasan siswa kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan F (88,608) > F (2,324) dengan tingkat taraf signifikan α = 0.05 > 0.000 dan koefisien determinasi (R tabel ) sebesar 84,2% yang berarti bahwa variabel lain yang tidak diteliti yang mempengaruhi kepuasan siswa sebesar 15,8% yaitu biaya, promosi, lokasi, dan sebagainya. Adapun variabel yang dominan dari kualitas pelayanan jasa (yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian, dan bukti fisik) terhadap kepuasan siswa yaitu variabel jaminan sebesar 24,721%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan jasa pendidikan (meliputi kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian, dan bukti fisik) memberikan kontribusi yang positif terhadap kepuasan siswa. Hal ini dikarenakan segala bentuk kualitas pelayanan jasa pendidikan yang disediakan oleh SMA Muhammadiyah 3 Jember dapat memberikan rasa nyaman dan senang, sehingga siswa akan merasa puas dengan segala kualitas pelayanan jasa yang di sediakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391173;
dc.subjectKualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Siswaen_US
dc.titlePENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN SISWA KELAS X DAN KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record