dc.description.abstract | Penelitian ini membahas masalah kepuasan konsumen yang berbelanja di
ritel Taman Sari Madiun, diukur melalui tingkat importance dan performance
kualtas pelayanannya, serta posisi kuadran atribut-atribut dimensi bauran ritel
yaitu produk, harga, lokasi, promosi, fasilitas fisik, pelayanan dan wiraniaga.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode
survei. Metode peneltian yang digunakan Importance – Performance Analysis.
Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan skala 1 sampai 5 yang dimulai
dengan pernyataan sangat tidak puas/penting sampai dengan sangat puas/penting.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 70
orang yang berbelanja di ritel Taman Sari sebagai responden, dan tehnik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Importance –
Performance Analysis digunakan untuk menganalisis tingkat kepentingan
konsumen dan kinerja ritel dengan jelas membandingkan skor Importance dan
skor Performance sehingga hasil menghasilkan tingkat kesesuaian. Hasil
perhitungan pelayanan melalui diagram kartesius. Berdasarkan hasil penelitian
menyatakan bahwa atribut yang paling besar persentase tingkat kesesuaian antara
kepentingan konsumen dan kinerja perusahaan adalah dimensi lokasi. Sedangkan
atribut yang paling kecil kesesuaian antara tingkat kepentingan konsumen dan
kinerja perusahaan adalah promosi (promotion). Hal ini menunjukkan bahwa
konsumen memberikan sorotan yang cukup besar pada dimensi promosi yang
dilakukan oleh ritel Taman Sari. | en_US |