Show simple item record

dc.contributor.authorNovi Indra Harsono
dc.date.accessioned2013-12-25T20:56:56Z
dc.date.available2013-12-25T20:56:56Z
dc.date.issued2013-12-25
dc.identifier.nimNIM090810201268
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12945
dc.description.abstractTujuan pemasaran yaitu memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Maka pemasar harus mempelajari dan memahami bagaimana konsumen berperilaku. Salah satu karakter unik konsumen Indonesia, adalah konsumen yang cenderung tidak memiliki perencanaan pembelian atau dalam penelitian ini disebut sebagai pembelian impulsif. Pembelian impulsif yang dilakukan konsumen tentunya tidak hanya dipandang sebagai pembelian saja tetapi sekaligus juga merupakan peluang yang sangat besar bagi pemasar untuk meningkatkan volume penjualan produk mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengetahui dan membuktikan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian impulsif serta mengetahui faktor yang paling dominan memengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan ritel Indomaret di Jalan Jawa & Sumatera Kota Jember. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling (Man to Man Questionery) dengan memberikan kuisioner kepada 100 responden secara acak. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Analisis faktor digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Analisis regresi merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Berdasarkan hasil analisis faktor terbentuk 5 faktor yaitu faktor pertama pramuniaga, faktor kedua ketidaktersediaan produk, faktor ketiga ruang pamer/display produk, faktor keempat suasana lingkungan toko, dan faktor kelima: program promosi. Hasil uji simultan menunjukkan kelima faktor yaitu pramuniaga, ketidaktersediaan produk, ruang pamer/display produk, suasana lingkungan toko dan program promosi secara bersama–sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Hasil uji parsial menunjukkan pramuniaga, ketidaktersediaan produk, suasana lingkungan toko, dan program promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Sedangkan ruang pamer/display produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Dari kelima faktor tersebut ketidaktersediaan produk memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa 46,4% keputusan pembelian impulsif pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember itu dapat dijelaskan oleh varabel pramuniaga, ketidaktersediaan produk, ruang pamer/display produk, suasana lingkungan toko dan program promosi, sedangkan sisanya sebesar 53.6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090810201268;
dc.subjectPERILAKU KONSUMEN, IMPULSIF PRODUK SEMBAKOen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK SEMBAKO PADA INDOMARETen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record