Show simple item record

dc.contributor.authorAg, Agustiningsih
dc.date.accessioned2013-10-09T09:40:18Z
dc.date.available2013-10-09T09:40:18Z
dc.date.issued2013-10-09
dc.identifier.isbn978-602-17886-0-8
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1292
dc.description.abstractLatar belakang dilakukan penelitian ini adalah rendahnya kualitas proses perkuliahan pengembangan pembelajaran IPA yang berdampak pada rendahnya keterampilan berpikir mahasiswa. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaiman peningkatan kecapakan berpikir mahasiswa dengan mengimplementasikan Problem Based Learning pada mata kuliah pengembangan pembelajaran IPA SD ? Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah menemukan suatu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kecakapan berpikir mahasiswa guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah pengembangan pembelajaran IPA SD untuk mahasiswa S1 PGSD FKIP Universitas Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus tindakan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 kelas A Program Studi S1 PGSD tahun akademik 2011/2012. Implementasi model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) menunjukkan hasil yang sangat positif, yang diindikasikan adanya peningkatan kecakapan berpikir yang meliputi kecakapan menggali dan menemukan informasi (information searching), kecakapan mengolah informasi (information processing), kecakapan mengambil keputusan (decision making), kecakapan memecahkan masalah (creative problem solving skill).en_US
dc.relation.ispartofseriesProsiding Seminar Nasional MIPA & Pembelajaran MIPA;
dc.subjectProblem Based Learning, Pembelajaran IPA, Kecakapan Berpikiren_US
dc.titlePENINGKATAN KECAKAPAN BERPIKIR MELALUI IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record