• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Flash Card Augmented Reality Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi pada Materi Penggunaan Huruf Kapital Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Purwoharjo

    Thumbnail
    View/Open
    FILE REPOSITORY INTAN WULANDARI.pdf (7.096Mb)
    Date
    2023-04-14
    Author
    WULANDARI, Intan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan media Flash Card Augmented Reality berbasis kearifan lokal Banyuwangi pada materi Penggunaan Huruf Kapital peserta didik kelas IV SDN 1 Purwoharjo; Intan Wulandari; 190210204290; 117 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Aturan penggunaan huruf kapital wajib ditaati oleh pemakai bahasa agar keteraturan dan keseragaman dalam penulisan bahasa tulis dapat tercapai, selain itu tulisan yang dibuat tampak lebih rapi dan teratur. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2022, diperoleh informasi bahwa peserta didik kelas IV SDN 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi kurang menguasai materi Penggunaan Huruf Kapital. Kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab peserta didik kurang menguasai materi Penggunaan Huruf Kapital. Hal ini membuat perlu dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berupa Flash Card Augmented Reality berbasis kearifan lokal Banyuwangi. Permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam menguasai materi Penggunaan Huruf Kapital menjadi dasar perumusan masalah dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kevalidan media Flash Card Augmented Reality berbasis kearifan lokal Banyuwangi pada materi Penggunaan Huruf Kapital peserta didik kelas IV SDN 1 Purwoharjo? dan bagaimanakah keefektifan dan kepraktisan media Flash Card Augmented Reality berbasis kearifan lokal Banyuwangi pada materi Penggunaan Huruf Kapital peserta didik kelas IV SDN 1 Purwoharjo?. Berdasarkan rumusan masalah tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media Flash Card Augmented Reality berbasis kearifan lokal Banyuwangi pada materi Penggunaan Huruf Kapital peserta didik kelas IV SDN 1 Purwoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) oleh Borg and Gall. Penelitian ini hanya menggunakan delapan tahap penelitian pengembangan karena pada tahap ini telah dapat disimpulkan kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan produk. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 1 Purwoharjo Banyuwangi yang berjumlah 52. Metode yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang dibutuhkan adalah pedoman wawancara dan lembar angket serta tes. Teknik analisis data yang digunakn adalah analisis deskriptif. Kualitas media Flash Card Augmented Reality berbasis kearifan lokal Banyuwangi dilihat dari segi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil validasi produk, Flash Card Augmented Reality Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi dinyatakan valid karena mendapat nilai 90,48. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk masuk kategori sangat layak. Hasil perhitungan uji t-test diketahui bahwa nilai t lebih besar dari t-tabel (5,015> 1,681), maka produk yang dikembangkan lebih efektif daripada produk lama. Perhitungan dilanjutkan dengan uji ER. Produk yang dikembangkan masuk kategori keefektifan sedang dan lebih efektif 46,18% dari pada produk sebelumnya. Hasil perhitungan respons peserta didik mendapat nilai 86,75 %, masuk kategori sangat praktis. Saran yang dapat diberikan yakni, bagi peserta didik, hendaknya dapat menjadi pengalaman baru yang menarik serta bermakna. Peserta didik diharapkan dapat aktif dalam proses pembelajaran. Bagi guru, hendaknya dapat berinovasi membuat media pembelajaran untuk menumbuhkan semangat peserta didik dalam belajar. Media pembelajaran hendaknya diintegrasikan dengan kearifan lokal agar siswa lebih mengenal budaya sekitar.Bagi kepala sekolah, hendaknya dapat mendukung guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif.Bagi peneliti lain, hendaknya dapat menjadi bahan rujukan dalam penelitian selanjutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128732
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15787]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository