• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas 6 SDN Paleran 01 Konten Uncertainty and Data pada Soal Materi Pengolahan Data

    Thumbnail
    View/Open
    Izza Maulana Fikri_180210204093 (1021.Kb)
    Date
    2025-01-20
    Author
    FIKRI, Izza Maulana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika dalam kegiatan belajar bertujuan agar memiliki keterampilan dalam pola pikir yang sistematis, perkembangan logika berpikir, melatih dalam menghitung, menarik kesimpulan secara deduktif dan menjadi seseorang yang teliti, cermat dan melatih kesabaran. Kegiatan penelitian ini menganalisis kemampuan literasi matematis konten uncertainty and data pada soal materi pengolahan data kelas 6. Observasi untuk dilaksanakan penelitian bersama wali kelas dilanjutkan dengan uji validitas instrumen penelitian kepada validator. Penelitian dilaksanakan dengan 25 siswa untuk mengetahui kemampuan matematika tingkat rendah, sedang, dan tinggi. Hasil tes terbagi menjadi 11 siswa memiliki kemampuan matematika rendah dengan presentase 44%, 5 siswa berkemampuan matematika sedang dengan presentase 20%, dan 9 siswa berkemampuan tinggi dengan presentase 36%. Ketentuan dari kemampuan matematika melalui tes literasi matematis dan wawancara yang sudah divalidasi. Kemampuan matematika rendah pada siswa rata-rata tidak mampu merumuskan masalah, tidak mampu menerapkan konsep, dan hasil yang didapatkan tidak sesuai. Kemampuan matematika sedang pada siswa ditemukan mampu merumuskan masalah, namun kurang mampu menerapkan konsep, dan penafsiran hasil yang didapatkan terkadang sesuai atau tidak sesuai. Kemampuan matematika tinggi pada siswa ditemukan mampu merumuskan masalah, mampu menerapkan konsep, dan penafsiran hasil yang didapatkan sesuai atau beruntut. Mengambil sampel pada setiap siswa yang kemampuan rendah, sedang, dan tinggi untuk diwawancara mendapatkan hasil sedemikian rupa sesuai dengan hasil tes literasi matematis yang dilaksanakan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128614
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository