Show simple item record

dc.contributor.authorKHUMAIROH, Nurista Yuliatul
dc.date.accessioned2025-11-12T03:29:09Z
dc.date.available2025-11-12T03:29:09Z
dc.date.issued2025-01-16
dc.identifier.nim210210104135en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128599
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 November 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKeterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan peserta didik dalam proses belajar untuk melakukan kerjasama antar kelompok agar mencapai tujuan yang diharapkan. Keterampilan kolaborasi dalam konteks pendidikan sangat penting bagi peserta didik, dikarenakan dapat membantu siswa dalam belajar dan mendukung satu sama lain dalam hal penugasan di rumah atau melakukan percobaan praktikum yang dilakukan melalui kerjasama antar kelompok. Peserta didik dengan keterampilan kolaborasi yang baik akan lebih mudah dalam bekerja dalam kelompok, mengungkapkan ide-ide anggota kelompok secara jelas, mendengarkan pendapat antar kelompok, menghargai ide dari anggota kelompok, dan dapat menarik kesimpulan dari diskusi kelompok. Keterampilan kolaborasi ini sangat mendorong peserta didik dalam berpikir kritis dan dapat memecahkan permasalahan secara bersama. Namun, fakta yang terdapat di sekolah menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi masih tergolong rendah dikarenakan guru hanya mengacu pada LKS dan buku paket. Hal tersebut sangat diperlukan bahan ajar berupa E-LKPD berbantuan google sites yang dapat membantu meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dan dapat digunakan kapan saja dikarenakan pemudahan dalam melakukan akses di handphone, laptop, dan komputer. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan peserta didik kelas 8F dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 6 Jember untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam materi sistem pencernaan manusia. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research, prototyping stage, dan asessment phase. Tahapan preliminary research yaitu tahap untuk memperoleh informasi permasalahan di sekolah pada proses pembelajaran pembelajaran dengan cara melakukan observasi, yang terdiri dari hasil dari analisis masalah, analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis teori, analisis keterampilan siswa, dan analisis materi. Tahap prototyping stage, terdiri dari beberapa tahapan yaitu perancangan desain produk E-LKPD, rancangan instrumen penilaian dan perangkat pembelajaran, validasi produk, dan terakhir tahap penyempurnaan produk. Tahapan terakhir yaitu tahap asessment phase untuk mengukur tingkat kepraktisan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Selain itu, akan dilakukan pengukuran keefektifan produk E-LKPD yang diperoleh dari lembar observasi keterampilan kolaborasi yang kemudian hasil data akan dilakukan uji N-gain dan self asessment keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada skor validitas E-LKPD memiliki rerata persentase sebesar 95% (sangat valid) dari tiga validator ahli yang menunjukkan bahwa produk E-LKPD berbantuan google sites sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 6 Jember. Kepraktisan dalam menggunakan produk E-LKPD berbantuan google sites dalam pembelajaran IPA di SMP memiliki rerata persentase sebesar 95% (sangat praktis) dari tiga observer yang menunjukkan bahwa E-LKPD sangat baik digunakan dan digunakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun. Keefektifan dalam menggunakan produk ELKPD berbantuan google sites memiliki skor rata-rata N-gain sebesar 0,63 atau dalam persentase sebesar 63% (sedang). Uji N-gain yang diperoleh dari lembar observasi keterampilan kolaborasi peserta didik dapat disimpulkan bahwa produk E-LKPD cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Selain uji N-gain juga diperoleh self asessment keterampilan kolaborasi yaitu setelah melakukan kegiatan kolaborasi di E-LKPD dan diperoleh skor rata-rata sebesar 0,86 atau dalam persentase sebesar 77% (tinggi). Self asessment yang diperoleh dari jumlah keseluruhan 34 peserta didik dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan keterampilan kolaborasi setelah penggunaan produk E-LKPD. Angket respon peserta didik terhadap E-LKPD berbantuan google sites dalam pembelajaran IPA diperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat baik.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E. DPA: Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan E-LKPDen_US
dc.subjectGoogle Sitesen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectKeterampilan Kolaborasi Siswaen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_September 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record