| dc.contributor.author | KHUMAIROH, Nurista Yuliatul | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-12T03:29:09Z | |
| dc.date.available | 2025-11-12T03:29:09Z | |
| dc.date.issued | 2025-01-16 | |
| dc.identifier.nim | 210210104135 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128599 | |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 November 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan peserta didik
dalam proses belajar untuk melakukan kerjasama antar kelompok agar mencapai
tujuan yang diharapkan. Keterampilan kolaborasi dalam konteks pendidikan sangat
penting bagi peserta didik, dikarenakan dapat membantu siswa dalam belajar dan
mendukung satu sama lain dalam hal penugasan di rumah atau melakukan
percobaan praktikum yang dilakukan melalui kerjasama antar kelompok. Peserta
didik dengan keterampilan kolaborasi yang baik akan lebih mudah dalam bekerja
dalam kelompok, mengungkapkan ide-ide anggota kelompok secara jelas,
mendengarkan pendapat antar kelompok, menghargai ide dari anggota kelompok,
dan dapat menarik kesimpulan dari diskusi kelompok. Keterampilan kolaborasi ini
sangat mendorong peserta didik dalam berpikir kritis dan dapat memecahkan
permasalahan secara bersama. Namun, fakta yang terdapat di sekolah menunjukkan
bahwa keterampilan kolaborasi masih tergolong rendah dikarenakan guru hanya
mengacu pada LKS dan buku paket. Hal tersebut sangat diperlukan bahan ajar
berupa E-LKPD berbantuan google sites yang dapat membantu meningkatkan
keterampilan kolaborasi peserta didik dan dapat digunakan kapan saja dikarenakan
pemudahan dalam melakukan akses di handphone, laptop, dan komputer.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan peserta didik kelas 8F dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 6
Jember untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam materi sistem
pencernaan manusia. Penelitian yang dilakukan menggunakan model
pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research,
prototyping stage, dan asessment phase. Tahapan preliminary research yaitu tahap
untuk memperoleh informasi permasalahan di sekolah pada proses pembelajaran pembelajaran dengan cara melakukan observasi, yang terdiri dari hasil dari analisis
masalah, analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis teori, analisis
keterampilan siswa, dan analisis materi. Tahap prototyping stage, terdiri dari
beberapa tahapan yaitu perancangan desain produk E-LKPD, rancangan instrumen
penilaian dan perangkat pembelajaran, validasi produk, dan terakhir tahap
penyempurnaan produk. Tahapan terakhir yaitu tahap asessment phase untuk
mengukur tingkat kepraktisan berupa lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran. Selain itu, akan dilakukan pengukuran keefektifan produk E-LKPD
yang diperoleh dari lembar observasi keterampilan kolaborasi yang kemudian hasil
data akan dilakukan uji N-gain dan self asessment keterampilan kolaborasi.
Hasil penelitian yang diperoleh pada skor validitas E-LKPD memiliki rerata
persentase sebesar 95% (sangat valid) dari tiga validator ahli yang menunjukkan
bahwa produk E-LKPD berbantuan google sites sangat layak digunakan dalam
pembelajaran IPA di SMP Negeri 6 Jember. Kepraktisan dalam menggunakan
produk E-LKPD berbantuan google sites dalam pembelajaran IPA di SMP memiliki
rerata persentase sebesar 95% (sangat praktis) dari tiga observer yang menunjukkan
bahwa E-LKPD sangat baik digunakan dan digunakan sesuai dengan rencana
pembelajaran yang telah disusun. Keefektifan dalam menggunakan produk ELKPD berbantuan google sites memiliki skor rata-rata N-gain sebesar 0,63 atau
dalam persentase sebesar 63% (sedang). Uji N-gain yang diperoleh dari lembar
observasi keterampilan kolaborasi peserta didik dapat disimpulkan bahwa produk
E-LKPD cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
Selain uji N-gain juga diperoleh self asessment keterampilan kolaborasi yaitu
setelah melakukan kegiatan kolaborasi di E-LKPD dan diperoleh skor rata-rata
sebesar 0,86 atau dalam persentase sebesar 77% (tinggi). Self asessment yang
diperoleh dari jumlah keseluruhan 34 peserta didik dapat dikatakan bahwa terdapat
peningkatan keterampilan kolaborasi setelah penggunaan produk E-LKPD. Angket
respon peserta didik terhadap E-LKPD berbantuan google sites dalam pembelajaran
IPA diperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat baik. | en_US |
| dc.description.sponsorship | DPU: Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E.
DPA: Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis., M.C.E. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | Pengembangan E-LKPD | en_US |
| dc.subject | Google Sites | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran IPA | en_US |
| dc.subject | Keterampilan Kolaborasi Siswa | en_US |
| dc.title | Pengembangan E-LKPD Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis., M.C.E. | en_US |
| dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_September 2025 | en_US |