Kualitas Pelayanan Publik Program Panadol Mantap di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui kualitas pelayanan program
Panaddol Mantap oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Lumajang, yang bertujuan mempermudah pengurusan dokumen kependudukan,
mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung Gerakan Indonesia
Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Mengacu pada teori Sinambela (2019),
kualitas pelayanan dinilai berdasarkan enam dimensi: transaparansi, akuntabilitas,
kondisional, partisipasi, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban.
Meskipun nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai 82,72 pada triwulan
ketiga 2023, keluhan masyarakat masih ditemukan. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif deskriptif, dengan teknik analisis data menggunakan teknik
service quality pada 70 responden, hasil menunjukkan rata-rata skor Servqual -8,13,
menandakan kualitas pelayanan belum memenuhi harapan masyarakat serta
diperlukannya perbaikan atau peningkatan kualitas pelayanan.