• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Assessment Pembelajaran IPA Menggunakan Aplikasi Quizwhizzer untuk Mengukur Literasi Digital Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    TUGAS AKHIR_SALSA ALVIANA PUTRI HARIYANTI_210210104074.pdf (18.09Mb)
    Date
    2025-03-21
    Author
    ALVIANA PUTRI HARIYANTI, Salsa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA tidak hanya berfokus pada konsep, melainkan juga dapat memberikan pengalaman langsung pada siswa dalam mengembangan produk, proses dan sikap ilmiah. Literasi digital dapat diartikan sebagai sikap dalam menganalisis dan mengevaluasi secara efektif dalam berbagai pembelajaran karena didalamnya memuat kemampuan dan keterampilan. Pembelajaran IPA dan literasi digital memiliki hubungan yang cukup erat pada proses belajar mengajar karena dapat meningkatkan kemampuan proses sains lewat visualisasi yang didapatkan. Kecakapan Indonesia pada kemampuan literasi digital dinilai masih termasuk pada kategori sedang. Menurut laporan indeks literasi digital Indonesia yang diselenggarakan oleh kementerian komunikasi dan informatika (Kemkominfo) dan Kadata Insight center (KIC) pada tahun 2021, Indonesia memiliki indeks literasi digital sebesar 3,49. Salah satu faktor penyebab literasi digital di Indonesia dinilai masih sedang yaitu guru belum sepenuhnya menerapkan aspek literasi digital dalam merancang soal yang mengakibatkan pengalaman dan kecakapan siswa dalam menyelesaikan soal literasi digital masih kurang. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan assessment yang mempu mengukur literasi digital. Berdasarkan penjelasan diatas, untuk mengukur kemampuan literasi digital siswa diperlukan pengembangan assessment pembelajaran IPA menggunakan aplikasi quizwhizzer. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui validasi oleh ahli, validitas butir soal, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran butir soal dari assessment pembelajaran IPA menggunakan aplikasi quizwhizzer untuk mengukur literasi digital siswa SMP. Penelitian pengembangan (Research & Development) ini menggunakan desain pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi delapan tahapan yaitu, tahap analisis masalah, perencanaan, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk, dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu validitas dengan menggunakan lembar validasi untuk mengukur kevalidan assessment oleh tiga validator, analisis validitas butir soal, analisis reliabilitas, analisis daya beda dan analisis tingkat kesukaran. Hasil validasi oleh ketiga ahli assessment pembelajaran IPA menggunakan aplikasi quizwhizzer untuk mengukur literasi digital memiliki presentasi rata-rata sebesar 74,7% dengan kategori valid sehingga assessment literasi digital layak digunakan tetapi direvisi terlebih dahulu menurut beberapa saran dari validator. Hasil dari 24 butir soal dapat dinyatakan valid yang artinya butir soal tersebut dinyatakan baik untuk digunakan. Hasil analisis reliabilitas dari butir soal pilihan ganda dan uraian didapatkan skor rata-rata 0,647 yang artinya assessment pembelajaran IPA untuk mengukur literasi digital dapat dikatakan reliabel dengan kategori tinggi. Hasil analisis dari daya beda dari 24 butir dinyatakan tinggi sekali dalam membedakan kemampuan peserta didik. Hasil analisis tingkat kesukaran butir soal didapatkan 5 soal berkategori sukar, 15 soal berkategori sedang, dan 4 soal berkategori mudah yang dapat dikatan sudah cukup baik. Berdasarkan hasil data penelitian yang didapat disimpulkan assessment pembelajaran IPA yang bertujuan untuk mengukur literasi digital siswa menunjukkan hail dengan kategori valid, reliabel, dan layak digunakan dalam proses evaluasi. Oleh karena itu, produk assessment pembelajaran IPA yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses evalusi untuk mengukur literasi digital siswa SMP materi zat dan perubahannya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128578
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository