• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Partisipasi Ibu Generasi Milenial dalam Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di PAUD Tholabah Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Fiona Putri Margareta-210210201037.pdf (2.471Mb)
    Date
    2025-02-18
    Author
    MARGARETA, Fiona Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Anak Usia Dini Tholabah Jember merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal anak usia dini yang terdapat di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Fenomena yang terjadi pada penelitian ini yakni adanya partisipasi Ibu milenial yakni usia 24-39 tahun, yang memiliki karakteristik pola pikir nya sangat terbuka dan memiliki akses lebih besar terhadap informasi melalui teknologi. Rumusan masalah, “Bagaimana Partisipasi Ibu Generasi Milenial dalam Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di PAUD Tholabah Jember?”. Tujuan penelitian untuk mengetahui partisipasi ibu generasi milenial dalam pengembangan anak usia dini holistik integratif di PAUD Tholabah Jember. Manfaat penelitian yang diharapkan yakni dapat menambah wawasan atau pemahaman tentang partisipasi ibu generasi milenial dalam PAUD HI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi penelitian dengan teknik purposive area, yaitu di PAUD Tholabah Jember. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Ibu milenial dan pendidik PAUD, sedangkan informan pendukungnya adalah pengelola PAUD. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Proses analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya partisipasi Ibu generasi milenial dalam lima pilar PAUD HI dapat dilihat dari beberapa hal layanan, diantaranya: 1. Layanan pendidikan: Partisipasi dalam bentuk komunikasi dilakukan Ibu milenial dengan mengkomunikasikan tentang perkembangan anak ketika di sekolah bersama pendidik PAUD, kegiatan belajar di rumah dengan mengulang pembelajaran yang sudah diajarkan di sekolah melalui pembiasaan, dan kegiatan pengambilan keputusan dilakukan Ibu milenial dengan menentukan kegiatan yang sesuai dengan potensi, minat, dan bakat anak atas kesepakatan dengan pendidik PAUD. 2. Layanan kesehatan dan gizi: Ibu milenial berkomunikasi tentang pertumbuhan dan perkembangan anak yang dilakukan oleh pendidik. Dalam kegiatan belajar di rumah, Ibu milenial membiasakan anak hidup bersih dan sehat, serta menyiapkan makanan yang bergizi untuk anak. Dalam pengambilan keputusan, Ibu milenial bersedia terlibat dalam kegiatan memasak untuk kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) dan penentuan menu makanannya. 3. Layanan pengasuhan: Partisipasi Ibu milenial yakni bersedia mengikuti kegiatan parenting yang merupakan salah satu bentuk komunikasi antara Ibu milenial dan pendidik. Ibu milenial menerapkan tahapan pengasuhan yang telah disosialisasikan di kegiatan parenting dalam kegiatan belajar di rumah. Dalam pengambilan keputusan, Ibu milenial menentukan bentuk pengasuhan yang sesuai dengan karakteristik orang tua dan kebutuhan anak. 4. Layanan perlindungan: Partisipasi dalam layanan ini yakni dengan berkomunikasi tentang standar operasional prosedur (SOP) perlindungan anak yang diterapkan di sekolah, Ibu milenial juga menerapkan SOP perlindungan anak seperti yang dilakukan oleh sekolah dalam kegiatan di rumah. Dalam pengambilan keputusan, Ibu milenial mengimplementasikan SOP perlindungan anak pada kegiatan bermain dan belajar di rumah. 5. Layanan kesejahteraan: Partispasi Ibu milenial dalam layanan ini yakni berkomunikasi terkait perkembangan anak dengan pendidik PAUD. Ibu milenial menerapkan kegiatan yang mendukung perkembangan anak di rumah. Dalam pengambilan keputusan, Ibu milenial mengimplementasikan kegiatan yang mendukung perkembangan anak sesuai dengan tahapan dan usianya. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Ibu milenial berpartisipasi dalam layanan PAUD HI yang dapat dilihat dari setiap kategori layanan, mulai dari layanan pendidikan hingga kesejahteraan. Ibu milenial turut serta dalam kegiatan yang mendukung tumbuh kembang anak
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128525
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository