• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi PLSV

    Thumbnail
    View/Open
    Nadia Noviandra Balkis_210210101084 (5.349Mb)
    Date
    2025-02-21
    Author
    BALKIS, Nadia Noviandra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Brain-Based Learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experimental dengan desain non-equivalent (pretest-posttest) control group design. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Bondowoso, dengan kelas eksperimen menggunakan model BBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional metode ceramah. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest berupa soal uraian yang sudah terintegrasi dengan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Robert Ennis, yakni focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model BBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (88,4) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (75,12) yang kemudian dibuktikan dari hasil uji Independent Sample T-test sehingga dapat disimpulkan bahwasanya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil ini mengindikasikan bahwa model BBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran yang melibatkan aktivitas aktif, eksplorasi, dan integrasi pengetahuan secara bermakna. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model BBL sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika untuk mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128523
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository