| dc.contributor.author | NABILA, Cinta Rivani |  | 
| dc.date.accessioned | 2025-10-30T07:43:02Z |  | 
| dc.date.available | 2025-10-30T07:43:02Z |  | 
| dc.date.issued | 2025-05-15 |  | 
| dc.identifier.nim | 210110301036 | en_US | 
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128522 |  | 
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Oktober 2025_Kurnadi | en_US | 
| dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang perkembangan angkutan kota di DKI Jakarta dari
tahun 1982 hingga 2021 untuk memahami pengaruh urbanisasi terhadap
kebutuhan mobilitas masyarakat. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah
permasalahan perkembangan angkutan kota di DKI Jakarta, menjabarkan proses
perubahan sistem angkutan, faktor-faktor yang mempengaruhi, serta dampaknya
pada berbagai aspek di DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan
sejarah dengan empat tahapan: (1) heuristik atau pengumpulan data, (2) kritik
ekstern dan intern, (3) interpretasi sumber, dan (4) historiografi atau penulisan
sejarah. Peneliti juga menggunakan ilmu bantu sosiologi perkotaan serta teori
struktural fungsional untuk menganalisis dampak urbanisasi pada transportasi di
DKI Jakarta. Teori ini membantu peneliti untuk menganalisis bagaimana
kebijakan memengaruhi perkembangan transportasi sebelum, selama, dan setelah
perubahan berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan
angkutan kota menjadi lebih modern merupakan respons terhadap tantangan
urbanisasi dan kemacetan lalu lintas. Program integrasi angkutan kota ke dalam
sistem JakLingko berperan sebagai feeder yang menghubungkan pusat
pemerintahan dan ekonomi ke moda utama seperti MRT, LRT, dan TransJakarta.
Dampak sosialnya berupa peningkatan aksesibilitas dan kenyamanan transportasi,
sedangkan dampak ekonominya terlihat pada peningkatan pendapatan pengemudi
Mikrotrans dan efisiensi mobilitas warga. Penelitian ini memberikan manfaat
teoretis dalam kajian sejarah transportasi dan manfaat praktis bagi pemerintah
DKI Jakarta dalam merumuskan kebijakan pengembangan sistem transportasi
terpadu di masa depan. Implementasi program ini berhasil mengurangi
ketergantungan pada kendaraan pribadi sekaligus meningkatkan kualitas hidup
warga DKI Jakarta. | en_US | 
| dc.description.sponsorship | DPU: Dra. Sri Ana Handayani., M.Si
DPA: Dra. Dewi Salindri., M.Si | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Ilmu Budaya | en_US | 
| dc.subject | Angkutan kota | en_US | 
| dc.subject | DKI Jakarta | en_US | 
| dc.subject | Mobilitas masyarakat | en_US | 
| dc.title | Perkembangan Angkutan Kota di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Tahun 1982-2021 | en_US | 
| dc.type | Skripsi | en_US | 
| dc.identifier.prodi | Ilmu Sejarah | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing1 | Dra. Sri Ana Handayani., M.Si | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing2 | Dra. Dewi Salindri., M.Si | en_US |