• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perkembangan Angkutan Kota di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Tahun 1982-2021

    Thumbnail
    View/Open
    CINTA RIVANI NABILA_210110301036 (1.377Mb)
    Date
    2025-05-15
    Author
    NABILA, Cinta Rivani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini membahas tentang perkembangan angkutan kota di DKI Jakarta dari tahun 1982 hingga 2021 untuk memahami pengaruh urbanisasi terhadap kebutuhan mobilitas masyarakat. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah permasalahan perkembangan angkutan kota di DKI Jakarta, menjabarkan proses perubahan sistem angkutan, faktor-faktor yang mempengaruhi, serta dampaknya pada berbagai aspek di DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan sejarah dengan empat tahapan: (1) heuristik atau pengumpulan data, (2) kritik ekstern dan intern, (3) interpretasi sumber, dan (4) historiografi atau penulisan sejarah. Peneliti juga menggunakan ilmu bantu sosiologi perkotaan serta teori struktural fungsional untuk menganalisis dampak urbanisasi pada transportasi di DKI Jakarta. Teori ini membantu peneliti untuk menganalisis bagaimana kebijakan memengaruhi perkembangan transportasi sebelum, selama, dan setelah perubahan berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan angkutan kota menjadi lebih modern merupakan respons terhadap tantangan urbanisasi dan kemacetan lalu lintas. Program integrasi angkutan kota ke dalam sistem JakLingko berperan sebagai feeder yang menghubungkan pusat pemerintahan dan ekonomi ke moda utama seperti MRT, LRT, dan TransJakarta. Dampak sosialnya berupa peningkatan aksesibilitas dan kenyamanan transportasi, sedangkan dampak ekonominya terlihat pada peningkatan pendapatan pengemudi Mikrotrans dan efisiensi mobilitas warga. Penelitian ini memberikan manfaat teoretis dalam kajian sejarah transportasi dan manfaat praktis bagi pemerintah DKI Jakarta dalam merumuskan kebijakan pengembangan sistem transportasi terpadu di masa depan. Implementasi program ini berhasil mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi sekaligus meningkatkan kualitas hidup warga DKI Jakarta.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128522
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2368]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository