• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi ACTORS Dalam Peningkatan Kecakapan Barista Kopi di PKBM Bina Makmur Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Yasmin Lailia_200210201007 (1.839Mb)
    Date
    2025-02-20
    Author
    LAILIA, Yasmin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PKBM Bina Makmur merupakan sebuah lembaga pendidikan nonformal yang berlokasi di Desa Jambewangi, Kabupaten Banyuwangi. Lembaga ini menyediakan layanan pendidikan dan pelatihan keterampilan, salah satunya adalah pelatihan barista kopi. Program ini dirancang dengan tujuan memberdayakan para pemuda agar dapat mengembangkan potensi dan keterampilan mereka di bidang peracikan kopi. Dalam pelaksanaannya, PKBM Bina Makmur mengimplementasikan strategi ACTORS sebagai strategi utama untuk mencapai keberhasilan program. Strategi ACTORS dirancang tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi teknis peserta dalam meracik kopi, tetapi juga untuk mengasah berbagai keterampilan hidup yang bermanfaat. Peserta pelatihan akan memperoleh kecakapan personal, kecakapan berpikir, serta kecakapan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi ACTORS dalam pelatihan barista kopi di PKBM Bina Makmur Banyuwangi. Selain itu, penelitian ini diharapkan memiliki manfaat teoritis maupun praktis. Secara teoritis, hasil penelitian ini dapat menjadi referensi, literatur tambahan, dan landasan penelitian lebih lanjut terkait penerapan strategi ACTORS. Secara praktis, penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan dan peningkatan implementasi strategi ACTORS dalam berbagai program pelatihan, sehingga keberhasilan pelatihan dapat dicapai secara lebih optimal. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan penentuan lokasi penelitian yakni purposive area yang berlokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Makmur Banyuwangi. Adapun teknik dalam menentukan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Selanjutnya dalam teknik pengumpulan data peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti mengggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data, peniliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian in menunjukkan bahwa strategi ACTORS dalam pelatihan barista kopi meliputi beberapa langkah kunci, di antaranya adalah memberikan kewenangan kepada peserta untuk memilih program yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan peserta menjadi strategi yang dilakukan dengan cara bertahap. Keyakinan diri peserta ditingkatkan melalui pemberian motivasi dan pendampingan. Strategi ini juga menekankan pentingnya pemberian kesempatan yang setara kepada semua peserta termasuk dalam pemberian akses fasilitas dan kesempatan kerja, disertai dengan penugasan tanggung jawab yang relevan untuk membangun karakter dan disiplin. Tidak hanya itu, PKBM juga memberikan dukungan penuh, baik dalam bentuk pendampingan maupun fasilitas guna memastikan setiap peserta mampu mencapai tujuan mereka. Dengan penerapan strategi tersebut dalam pelatihan barista kopi, peserta pelatihan juga akan mendapatkan beberapa kecakapan yang bermanfaat dalam kehidupannya. Sehingga dengan hal ini mereka mampu bersaing di dunia kerja dan membebasan diri mereka dari kata pengangguran. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan menjadi lebih berdaya dan mencapai kemandirian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwasannya, penerapan strategi ACTORS dalam peningkatan barista kopi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Makmur Banyuwangi merupakan langkah yang tepat sebagai upaya pemberdayaan pemuda untuk mengurangi angka pengangguran. Program ini terbukti efektif, terlihat dari alumni yang tidak hanya mendapatkan pekerjaan, tetapi juga mampu membuka usaha sendiri dengan keterampilan yang dimiliki. Analisis data menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kecakapan hidup peserta, meliputi kecakapan personal, berpikir, dan sosial, yang mendukung profesionalisme mereka sebagai barista.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128521
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository