• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Ditinjau dari Self-efficacy

    Thumbnail
    View/Open
    Novembria Alvi Rahmawati_210210101066 (879.2Kb)
    Date
    2025-04-25
    Author
    RAHMAWATI, Novembria Alvi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII dalam menyelesaikan permasalahan aljabar, serta untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kencong dengan melibatkan 34 siswa kelas VIII-F. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa angket self-efficacy, tes soal berpikir tingkat tinggi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat self-efficacy tinggi cenderung lebih mampu menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi hingga tingkat C5 (evaluasi), sementara siswa dengan self-efficacy rendah mengalami kesulitan dan cenderung tidak percaya diri. Siswa dengan self-efficacy sedang mampu mengerjakan soal pada tingkat C4 (analisis), namun merasa kesulitan dengan soal yang panjang dan terbatasnya waktu. Selain itu, faktor eksternal seperti gangguan sosial dan waktu yang terbatas juga mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Meskipun memiliki self-efficacy tinggi, beberapa siswa merasa terganggu oleh teman atau merasa waktu yang diberikan tidak cukup untuk menyelesaikan soal pada tingkat C6 (kreasi). Penelitian ini menyimpulkan bahwa self-efficacy berperan penting dalam peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi, namun faktor eksternal perlu diperhatikan untuk menciptakan kondisi optimal dalam pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128508
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15726]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository