Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Jember Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas IV
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar memerlukan media yang kreatif dan menarik agar peserta didik dapat memahami materi lebih efektif. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal
Jember sebagai bahan ajar bagi peserta didik kelas IV SD, serta mengukur tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan yang mencakup analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Buku yang dikembangkan memuat cerita yang menjelaskan asal-usul dan kearifan lokal di Jember, seperti tradisi dan sejarah daerah, yang
disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini valid berdasarkan penilaian ahli, efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, dan praktis digunakan oleh guru serta peserta didik di kelas. Buku cerita bergambar ini tidak hanya membantu peserta didik memahami Bahasa Indonesia dengan lebih baik, tetapi juga memperkenalkan dan melestarikan kearifan lokal. Dengan demikian,
buku ini dapat menjadi bahan ajar yang inovatif dan relevan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.