• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V

    Thumbnail
    View/Open
    Nurus Syafi_180210204140 (8.423Mb)
    Date
    2025-01-09
    Author
    SYAFI, Nurus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pembelajaran matematika di SD yaitu dapat memahami dan menggunakan konsep matematika untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari, melatih nalar peserta didik, serta melatih peserta didik dalam memecahkan masalah. Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang disukai peserta didik karena pelajaran tersebut dirasa sulit karena terdapat banyak rumus dan model pembelajaran yang membosankan. Guru harus memahami model pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran agar mempermudah peserta didik memahami materi yang diajarkan. Proses belajar mengajar memerlukam suatu model yang dapat meningkatkan hasil belajar dari peserta didik yang salah satunya adalah Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental atau penelitian semu dengan rancangan Non-equivalent Control Group. Rancangan non-equivalent Control Group ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SD Sabilur Rosyad Sidoarjo. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 40 peserta didik yang terbagi menjadi kelas V A 20 peserta didik dan kelas V B sebanyak 20 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas Lilliefors, independent sample t-test dengan uji keefektifan relatif. Uji normalitas pada penelitian ini menggunakan uji Lilliefors dengan Ltabel menunjukkan angka 0,195 dengan syarat (Lhitung < Ltabel,). Hasilnya yaitu Lhitung pretest eksperimen mendapatkan hasil 0,119, posttest ekaperimen 0,125 pretest kontrol 0,176, serta posttest kontrol 0,166, sehingga seluruh data pretest dan posttest memiliki data berdistribusi normal. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,122 yang kemudian akan dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan ! = 20 yaitu 1,725. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel, yaitu 4,122 > 1,725, sehingga sesuai dengan keputusan hipotesis yaitu hipotesis alternatif (Ha) diterima (H0) ditolak. Hasil uji keefektifan relatif menunjukkan hasil sebesar 68,91% yang termasuk pada keefektifan tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi bangun ruang kelas V SD Sabilur Rosyad Sidoarjo. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru sebaiknya lebih memperhatikan masing-masing peserta didik agar peserta didik tidak hanya mengeksplor kemampuannya secara individu tetapi secara bersama-sama dalam satu proyek. Bagi peneliti lain, dalam penerapan model project based learning harus mampu memahami cara mengendalikan kelas agar tetap kondusif sehingga penerapan model ini dapat lebih efektif lagi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128477
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository