Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V
Abstract
Tujuan pembelajaran matematika di SD yaitu dapat memahami dan
menggunakan konsep matematika untuk memecahkan masalah di kehidupan
sehari-hari, melatih nalar peserta didik, serta melatih peserta didik dalam
memecahkan masalah. Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang
kurang disukai peserta didik karena pelajaran tersebut dirasa sulit karena terdapat
banyak rumus dan model pembelajaran yang membosankan. Guru harus memahami
model pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran
agar mempermudah peserta didik memahami materi yang diajarkan. Proses belajar
mengajar memerlukam suatu model yang dapat meningkatkan hasil belajar dari
peserta didik yang salah satunya adalah Project Based Learning (PjBL). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan
model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar
matematika peserta didik kelas V.
Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental atau penelitian
semu dengan rancangan Non-equivalent Control Group. Rancangan non-equivalent
Control Group ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Sabilur Rosyad Sidoarjo. Waktu yang digunakan
dalam penelitian ini adalah semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Subjek
penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 40 peserta
didik yang terbagi menjadi kelas V A 20 peserta didik dan kelas V B sebanyak 20
peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, serta
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas Lilliefors,
independent sample t-test dengan uji keefektifan relatif.
Uji normalitas pada penelitian ini menggunakan uji Lilliefors dengan Ltabel
menunjukkan angka 0,195 dengan syarat (Lhitung < Ltabel,). Hasilnya yaitu Lhitung
pretest eksperimen mendapatkan hasil 0,119, posttest ekaperimen 0,125 pretest kontrol 0,176, serta posttest kontrol 0,166, sehingga seluruh data pretest dan
posttest memiliki data berdistribusi normal. Hasil uji-t tersebut menunjukkan
bahwa nilai thitung = 4,122 yang kemudian akan dikonsultasikan dengan ttabel dengan
taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan ! = 20 yaitu 1,725. Hasil uji t menunjukkan
bahwa nilai thitung > ttabel, yaitu 4,122 > 1,725, sehingga sesuai dengan keputusan
hipotesis yaitu hipotesis alternatif (Ha) diterima (H0) ditolak. Hasil uji keefektifan
relatif menunjukkan hasil sebesar 68,91% yang termasuk pada keefektifan tinggi.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh dari pengaruh penerapan model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi
bangun ruang kelas V SD Sabilur Rosyad Sidoarjo. Saran dalam penelitian ini yaitu
bagi guru sebaiknya lebih memperhatikan masing-masing peserta didik agar peserta
didik tidak hanya mengeksplor kemampuannya secara individu tetapi secara
bersama-sama dalam satu proyek. Bagi peneliti lain, dalam penerapan model
project based learning harus mampu memahami cara mengendalikan kelas agar
tetap kondusif sehingga penerapan model ini dapat lebih efektif lagi.