Implementasi Modul Aturan Cramer Pada Materi Katrol Tetap Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Abstract
Modul pembelajaran tentang katrol masih jarang digunakan di sekolah menengah atas dan metode yang biasa diterapkan cenderung konvensional, seperti substitusi dan eliminasi yang membutuhkan langkah-langkah yang panjang dan rumit. Akibatnya, materi katrol tetap sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan modul Aturan Cramer dalam menyelesaikan soal katrol tetap. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan melalui berupa tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest, sedangkan analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul pemecahan masalah katrol tetap dengan Aturan Cramer berhasil meningkatkan hasil belajar fisika siswa, dibuktikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil wawancara sesuai dengan analisis data hasil belajar siswa. Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Aturan Cramer, meskipun beberapa masih mengalami kendala terutama dalam peninjauan objek dan ketelitian siswa terhadap gaya-gaya yang bekerja pada sistem. Oleh karena itu, penggunaan modul pembelajaran berbasis Aturan Cramer pada materi katrol tetap dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi alternatif yang efektif untuk membantu memahami materi fisika.
