• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Modul Aturan Cramer Pada Materi Katrol Tetap Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Nurul Yunda Nanik Purwanti_210210102041 (1.023Mb)
    Date
    2025-02-24
    Author
    PURWANTI, Nurul Yunda Nanik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Modul pembelajaran tentang katrol masih jarang digunakan di sekolah menengah atas dan metode yang biasa diterapkan cenderung konvensional, seperti substitusi dan eliminasi yang membutuhkan langkah-langkah yang panjang dan rumit. Akibatnya, materi katrol tetap sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan modul Aturan Cramer dalam menyelesaikan soal katrol tetap. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan melalui berupa tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest, sedangkan analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul pemecahan masalah katrol tetap dengan Aturan Cramer berhasil meningkatkan hasil belajar fisika siswa, dibuktikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil wawancara sesuai dengan analisis data hasil belajar siswa. Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Aturan Cramer, meskipun beberapa masih mengalami kendala terutama dalam peninjauan objek dan ketelitian siswa terhadap gaya-gaya yang bekerja pada sistem. Oleh karena itu, penggunaan modul pembelajaran berbasis Aturan Cramer pada materi katrol tetap dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi alternatif yang efektif untuk membantu memahami materi fisika.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128474
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository