Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital pada Materi IPAS Kelas IV Bab 6 Topik B Indonesiaku Kaya Budaya di SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo
Abstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial merupakan salah satu
bentuk dari implementasi dari Kurikulum Merdeka, mata pelajaran ini bertujuan
untuk membantu siswa menumbuhkan rasa ingin tahu mengenai bagaimana alam
bekerja serta berinteraksi dengan kehidupan manusia sebagai makhluk sosial di
bumi. Berdasarkan dari penting dan luhurnya tujuan IPAS tersebut, sudah
sepatutnya IPAS menjadi mata pelajaran yang diutamakan dan dioptimalkan pada
proses pembelajaran di sekolah. Kenyataannya minat peserta didik terhadap IPAS
sangat diminati oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan,
didapatkan bahwa guru masih belum sepenuhnya mampu menggunakan media
berbasis teknologi dalam pembelajaran IPAS guna menarik minat belajar siswa. Hal
tersebut selaras dengan siswa yang merasa kurang tertarik atau merasa bosan
dengan media yang digunakan dalam mata pelajaran yang diminati. Hasil observasi
pembelajaran juga menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran masih
kurang menarik dan dioptimalkan. Tujuan penelitian ini yakni, mengetahui
bagaimana pengembangan media pembelajaran pop up book digital pada materi
IPAS kelas IV bab 6 topik B Indonesiaku Kaya Budaya di SDN Sumberkedawung
3 Probolinggo, serta kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan penelitian, namun pada pelaksanaannya
hanya pada tahap kedelapan. Kedelapan tahap yang dilakukan yaitu penelitian
pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, pengembangan desain produk awal,
validasi desain produk, revisi desain produk awal, uji coba penggunaan produk,
revisi produk pengembangan, dan uji coba keefektifan. Penelitian ini dilaksanakan
di SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo pada semester ganjil 2024/2025 dengan subjek penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas
Kontrol. Metode dan instrumen yang digunakan yakni, wawancara, observasi, tes,
angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu validasi ahli,
uji validitas empirik, uji reliabilitas, uji IDP dan IKES, uji t, uji keefektifan relatif
serta analisis data respons peserta didik.
Pengembangan produk media pembelajaran pop up book digital pada IPAS
kelas IV bab 6 topik B Indonesiaku Kaya Budaya menghasilkan produk yang valid,
efektif dan praktis. Hasil validasi ahli menunjukkan skor sebesar 84% dengan
kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan sebesar 46,6% dengan kategori
keefektifan sedang. Hasil uji kepraktisan menunjukkan skor sebesar 92,69% dengan
kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang
dapat diberikan yakni, sebaiknya media pembelajaran komik digital dapat
diinovasikan lagi, terutama untuk siswa kelas tinggi yang membutuhkan
pemahaman materi lebih baik. Uji keefektifan juga dapat dilakukan tidak hanya
mengukur ranah kognitif, tapi juga afektif dan psikomotor. Produk juga dapat
dikembangkan dalam berbagai materi lainnya.