Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kombinatorik dan Self Efficacy pada Materi Permutasi Siswa Kelas XII
Abstract
Matematika berperan sebagai alat bantu dan pendukung ilmu, yang tidak
hanya berperan untuk matematika itu sendiri tetapi untuk ilmu lainnya.
Matematika adalah ilmu yang dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada bidang
ilmu lainnya, namun banyak disiplin ilmu lain yang memerlukan matematika.
Misalnya fisika, kimia, dan biologi sangat bergantung pada konsep matematika,
begitu pula bidang seni yang menggunakannya, seperti penentuan ukuran kanvas
untuk melukis, dan berbagai hal lainnya. Salah satu kemampuan yang menjadi
peran penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir
kombinatorik. Ada banyak materi dalam matematika yang berkaitan dengan
kombinatorika, salah satunya adalah permutasi. Kemampuan berpikir
kombinatorik memberikan keterampilan yang mereka butuhkan untuk
menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien, adapun faktor internal menjadi
faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar siswa terutama rasa percaya diri
yang dimiliki oleh siswa. Self Efficacy merupakan salah satu aspek yang penting
dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Self Efficacy siswa dapat menjadikan
semangat siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan
tidak putus mudah asa saat mengalami kegagalan dalam menyelesaikan
permasalahan matematika. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kemampuan
berpikir kombinatorik dan kepercayaan diri siswa perlu ditingkatkan secara
seimbang, agar hasil belajar dan prestasi menjadi maksimal.
Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu mencari
hubungan antara kemampuan berpikir kombinatorik dan self efficacy pada materi
permutasi. Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, dan metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasi. Metode
penelitian korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel yang diteliti, yaitu kemampuan berpikir kombinatorik dan self efficacy. Penelitian
dilaksanakan di SMA Negeri Senduro, kab Lumajang pada semester gasal tahun
ajaran 2024/2025. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster
sampling. Pada penelitian ini kelas yang yang dijadikan sampel adalah kelas XII-4
sebanyak 28 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan tes
kemampuan berpikir kombinatorik dan angket self efficacy kepada siswa. Data yang
didapat selanjutnya diuji hipotesis. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan
uji korelasi spearman rank.
Berdasarkan hasil penelitian, distribusi frekuensi kemampuan berpikir
kombinatorik sebesar 50% bahwa mayoritas siswa dalam kategori baik dalam
menyelesaikan pemecahan masalah materi permutasi, dan distribusi frekuensi self
efficacy sebesar 50% bahwa mayoritas siswa dalam kategori sedang dalam hal
percaya diri. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan
antara kemampuan berpikir kombinatorik dan self efficacy pada materi permutasi
siswa kelas XII SMA Negeri Senduro, dengan hasil korelasi spearman rank 0,608
dalam kategorik sedang. Namun dari pembahasan hasil dari korelasi di atas,
terdapat beberapa siswa yang memiliki kemampuan berpikir kombinatorik yang
tinggi namun dengan self efficacy yang rendah, begitu juga sebaliknya.