Show simple item record

dc.contributor.authorNADIA, Sheila
dc.date.accessioned2025-10-21T02:31:18Z
dc.date.available2025-10-21T02:31:18Z
dc.date.issued2025-02-13
dc.identifier.nim210210103027en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128407
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPada abad 21 ini siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep, tetapi harus memiliki keterampilan salah satunya keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif diperlukan agar siswa mampu mengatur tujuan belajar dan mengatur strategi belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Hasil belajar yang rendah dapat ditingkatkan dengan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan metakognitif pada siswa. Model pembelajaran RWRS (Reading, Writing, Reflecting, and Sharing) merupakan suatu model pembelajaran yang diterapkan saat pembelajaran dan memiliki tahapan yang mampu memberdayakan kemampuan berpikir seseorang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RWRS terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI SMAN 3 Jember. Penelitian ini mengacu pada pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Quasi Eksperimen yang digunakan dengan desain berupa pre-test post-test study dengan menawarkan tes pendahuluan (pretest) sebelum perlakuan dan tes penutup (post-test) setelah perlakuan. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas didapatkan sampel yaitu kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan XI.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji anacova pada SPSS versi 24 setelah melalui uji prasyarat. Hasil analisis pembelajaran RWRS terhadap keterampilan metakognitif menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga model pembelajaran Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif siswa. Hasil uji anacova model pembelajaran RWRS terhadap hasil belajar menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,702 < 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya model pembelajaran Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) terhadap keterampilan metakognitif siswa, namun tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) terhadap hasil belajar kognitif siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd. DPA: Hajar Syifa Fiarani, S.Si., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectRWRS Learning Modelen_US
dc.subjectMetacognitive Skillsen_US
dc.subjectLearning Outcomesen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Reading, Writing, Reflecting, and Sharing (RWRS) pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA di Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Hajar Syifa Fiarani, S.Si., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record