• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Pemanfaatan Gelombang Elektromagnetik Extremely Low Frequency (ELF) Guna Ketahanan Pangan

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Agviolita_210220104012 (765.8Kb)
    Date
    2025-05-22
    Author
    AGVIOLITA, Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan tingkat tinggi yang memungkinkan seseorang untuk bertindak dan membuat keputusan yang tepat. Keterampilan berpikir kritis memiliki lima indikator yaitu klarifikasi dasar, dukungan dasar, interferensi, klarifikasi lanjut, strategi dan taktik. Bahan ajar berbasis penelitian dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena mahasiswa dihadapkan pada berbagai penelitian tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik Extremely Low Frequency (ELF) untuk ketahanan pangan sehingga mahasiswa akan terinspirasi dan terlatih untuk memecahkan masalah. Penelitian tentang pengembangan bahan ajar berbasis penelitian ini mengacu pada pengembangan Borg dan Gall yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pakai, revisi produk, produk akhir. Penelitian ini menggunakan responden mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Jember. Variabel penelitian menggunakan validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil validitas perangkat pembelajaran dan bahan ajar berdasarkan penelitian sebesar 89,75% masuk dalam kategori sangat valid, praktikalitas sebesar 91,05% masuk dalam kategori sangat praktis dan keefektifan pelaksanaan tes (pre-test dan post-test) memperoleh presentase 47,63% hingga 82,34% sehingga masuk dalam kategori efektif, dan hasil uji Independen Sampel T Test menyatakan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis karena dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran yang menggunakan bahan ajar berbasis penelitian.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128405
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [279]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository