Show simple item record

dc.contributor.authorAGVIOLITA, Putri
dc.date.accessioned2025-10-21T02:24:40Z
dc.date.available2025-10-21T02:24:40Z
dc.date.issued2025-05-22
dc.date.submitted
dc.identifier.nim210220104012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128405
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKeterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan tingkat tinggi yang memungkinkan seseorang untuk bertindak dan membuat keputusan yang tepat. Keterampilan berpikir kritis memiliki lima indikator yaitu klarifikasi dasar, dukungan dasar, interferensi, klarifikasi lanjut, strategi dan taktik. Bahan ajar berbasis penelitian dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena mahasiswa dihadapkan pada berbagai penelitian tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik Extremely Low Frequency (ELF) untuk ketahanan pangan sehingga mahasiswa akan terinspirasi dan terlatih untuk memecahkan masalah. Penelitian tentang pengembangan bahan ajar berbasis penelitian ini mengacu pada pengembangan Borg dan Gall yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pakai, revisi produk, produk akhir. Penelitian ini menggunakan responden mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Jember. Variabel penelitian menggunakan validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil validitas perangkat pembelajaran dan bahan ajar berdasarkan penelitian sebesar 89,75% masuk dalam kategori sangat valid, praktikalitas sebesar 91,05% masuk dalam kategori sangat praktis dan keefektifan pelaksanaan tes (pre-test dan post-test) memperoleh presentase 47,63% hingga 82,34% sehingga masuk dalam kategori efektif, dan hasil uji Independen Sampel T Test menyatakan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis karena dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran yang menggunakan bahan ajar berbasis penelitian.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Sudarti, M.Kes. DPA: Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBahan Ajar Berbasis Riseten_US
dc.subjectGelombang Elektromagnetik Extremely Low Frequenci (ELF)en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Pemanfaatan Gelombang Elektromagnetik Extremely Low Frequency (ELF) Guna Ketahanan Panganen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister (S-2) Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sudarti, M.Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorRevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record